Pengenalan Dunia Industri, HMJ Manajemen UNIRA Ajak Mahasiswa Study Tour ke Perusahaan Jepang

0
43
HMJ Manajemen UNIRA Ajak Mahasiswa Study Tour ke Perusahaan Jepang
HMJ Manajemen UNIRA Ajak Mahasiswa Study Tour ke Perusahaan Jepang

Inspirasi Pendidikan – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang, mengadakan kegiatan study tour ke salah satu perusahaan ternama yang memproduksi minuman ion ternama, Pocari Sweat di Pasuruan, Jawa Timur, pada Jumat (13/10/2017). Pada kegiatan ini, HMJ Manajemen yang diketuai oleh Wahyu Sugeng memboyong sekitar 85 mahasiswa semester 3, 5 dan mahasiswa baru (maba) beserta dosen.

Sebelum menuju tujuan utama, para peserta study tour menyempatkan diri untuk wisata ke Kebun Teh di Kecamatan Lawang. Disana, para mahasiswa yang terdiri dari berbagai tingkatan semester mengadakan kegiatan hingga waktu sholat Jumat. Hal ini dibenarkan oleh Firza Syaiba Asnha atau akrab disapa Firza, Steering Committee (SC) kegiatan.

“Sebelum menuju ke perusahaan pocari di Pasuruan, kita mengadakan kegiatan pengakraban dengan seluruh mahasiswa berbagai tingkatan yang turut serta pada giat study tour kali ini”, tutur mahasiswi Jurusan Manajemen semester 5 itu.

Seusai sholat jumat, rombongan berangkat menuju tujuan utama, yakni PT. Amerta Indah Otsuka tempat dimana produk Pocari Sweat diproduksi. Disaat yang sama, para mahasiswa diterima dengan hangat oleh perwakilan perusahaan dan diajak melihat beberapa proses produksi minuman ion dari perusahaan asal Jepang itu.

Saat ditanya tentang latar belakang kegiatan ini, Firza menjelaskannya secara rinci. “Pertama kegiatan ini adalah pengenalan bagi mahasiswa baru terhadap Prodi Manajemen di kampus ini. Kemudian, kami ingin mengenalkan HMJ beserta kegiatan-kegiatannya. Selanjutnya, kita ingin mengenalkan dunia industri kepada seluruh mahasiswa, terutama di Jurusan Manajemen ini”, pungkas mahasiswi yang aktif di berbagai kegiatan organisasi itu.

Selama mengikuti kegiatan, para peserta studi tampak senang dan antusias dalam setiap pembahasan yang diberikan. Tak ketinggalan, mereka juga diberikan fasilitas seperti pin dan bingkisan-bingkisan dari perusahaan. Tindak lanjut dari kegiatan tersebut, para peserta akan diminta membuat makalah dari hasil study tour yang dilaksanakan. Tak hanya itu, Firza juga berharap dengan adanya kegiatan semacam ini, wawasan para mahasiswa akan terbuka luas.

“Semoga dengan ini, teman-teman paham tentang tujuan kegiatan, utamanya dalam dunia industri dan membuat seluruhnya yang berpartisipasi mempunyai kesadaran entrepreneur serta memiliki cita-cita yang lebih dalam berbisinis”, harapnya. (ncp)

Penulis: Chandra
Editor: Chandra
Publish: Ipin
loading...