Terpilih dalam Program PMMD Kemenpora RI, 25 Pemuda Kabupaten Malang Siap Membangun Desa

0
43
25 Pemuda Kabupaten Malang Siap Membangun Desa
25 Pemuda Kabupaten Malang Siap Membangun Desa

Jenderal PMMD Jawa Timur: Mari Membangun dan Memajukan Jawa Timur dari Desa Masing-Masing!

Inspirasi Pendidikan – Pada tahun ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia mengeluarkan program unggulan. Program tersebut dinamai dengan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) tahun 2017.

Program ini dilaksanakan di 10 provinsi dan menjaring 1500 pemuda seluruh Indonesia. Dalam hal ini Kabupaten Malang cukup berbangga karena diantara ribuan pemuda yang terpilih, ada 25 pemuda dari daerah yang dijuluki sebagai the heart of east java itu.

Para pemuda tadi telah dilatih dan diberi pembekalan oleh Kemenpora RI di Hotel Vada Gardenia, Mojokerto sejak Senin-Kamis (23-26/10/2017). Setelah ini, mereka bertugas untuk memberdayakan dan membangun desanya masing-masing.

Banyak latar belakang yang berbeda dari para pemuda-pemuda yang melaksanakan program ini. Di Kabupaten Malang misalnya, disini selain dari latar belakang aktifis, ada juga yang memiliki background pengusaha, pengrajin, ahli IT, guru ngaji dan lain sebagainya.

Saat ditemui oleh tim redaksi, salah satu peserta program dari Kabupaten Malang, Yahya mengatakan bahwa dalam melaksanakan program nanti harus ada komunikasi yang baik antar kader PMMD Kabupaten Malang.

“Kita nanti harus kompak membangun desa dari daerah masing-masing”, tutur pemuda asli Donomulyo, Kabupaten Malang itu.

“Jika bisa setiap kader dari Kabupaten Malang nanti bisa saling bahu-membahu setiap program yang dijalankan di desa masing-masing”, imbuhnya.

Apa yang disampaikan oleh Yahya senada dengan Hasanudin, kader PMMD asal Gondanglegi. Ia menyampaikan penting untuk tetap menjaga kebersamaan dan komitmen dalam menjalankan program ini. Pemuda yang juga terpilih sebagai Jenderal Ketua Angkatan I PMMD Provinsi Jawa Timur itu mengajak para pemuda untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“Mari kita mengeksplorasi kemampuan dari setiap kader untuk membangun desa. Mari membangun dan memajukan Jawa Timur dari desa kita masing-masing”, ajak pemuda yang juga sebagai Sekretaris IPNU Kabupaten Malang itu.

25 pemuda terpilih dari Kabupaten Malang akan menginisiasi dan menjalankan program dalam 4 bidang sesuai dengan passion yang dimiliki olehnya. Keempat bidang tersebut adalah bidang sandang, pangan, kerajinan dan manajemen/EO. Andi Wijaya, perwakilan dari Kemenpora RI berharap, para kader nantinya dapat menjadi tombak di desa masing-masing.

“Lakukan kegiatan-kegiatan positif di desa kalian dengan bidang-bidang yang telah dilatihkan dan sesuai dengan passion kalian”, harapnya. (ncp)

Penulis: Chandra
Editor: Chandra
Publish: Ipin
loading...