Kembangkan Pendidikan Bahasa di Era Milenial, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Malang Gelar Seminar Internasional Kolaboratif 2017

0
19
Dr. Rina Sari, M.Pd., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Maliki Malang saat memberikan sambutan di Seminar Internasional Kolaboratif 2017
Dr. Rina Sari, M.Pd., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Maliki Malang saat memberikan sambutan di Seminar Internasional Kolaboratif 2017

Inspirasi Pendidikan – Arus perubahan zaman telah membuat gaya hidup dan cara berpikir seseorang berubah signifikan. Soal pendidikan misalnya, seorang guru atau pendidik wajib hukumnya untuk menyesuaikan pola pikir, cara mendidik dan mengembangkan pendidikan untuk generasi saat ini atau yang dikenal dengan sebutan generasi milenial. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama, utamanya dalam hal pengembangan pengajaran dan pembelajaran bahasa.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (BSI), Fakultas Humaniora, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kegiatan Seminar Internasional Kolaboratif tahun 2017, pada Selasa (31/10/2017). Seminar kali ini berfokus pada pengembangan profesi guru bahasa dalam era milenial. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium dan Home Theatre Lt. 3 Fakultas Humaniora, UIN Maliki Malang.

Bekerjasama dengan Erican College Malaysia, Malaysian English Language Teaching Association (MELTA) dan Masyarakat Linguistik Indonesia, Jurusan BSI UIN Maliki Malang melalui Ketua Jurusan, Dr. Rina Sari, M.Pd., mendatangkan narasumber yang kompeten di bidang pengembangan profesi guru dan pengajaran bahasa.

Para pembicara kegiatan Internasional itu diantaranya (1) Aslam Khan bin Samahs Khan, M.TESL., Erican College Malaysia; (2) Dr. Siti Aisyah Cheah Swi Eo, MELTA; (3) Galuh Nur Rohmah, M.Ed., Fakultas Humaniora UIN Malang. Ketiga pembicara tersebut menyampaikan tema berbeda kepada ratusan peserta seminar yang hadir.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Humaniora, Dr. Syafiyah, MA diikuti secara antusias oleh ratusan peserta yang terdiri dari unsur guru, dosen dan mahasiswa. Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Jurusan, Miftahul Huda, M.Pd. “Ada 105 peserta dari unsur guru dan dosen”, pungkasnya.

Masih Miftah, ia menjelaskan bahwa 105 peserta tadi tidak hanya datang dari UIN Malang saja melainkan dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Bandung, Kediri, Makasar dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ada 160 mahasiswa dari berbagai jurusan yang turut serta dalam seminar Internasional kali ini”, tambahnya.

Selain itu, Ketua Jurusan BSI, Dr. Rina Sari, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga menjelaskan, Seminar Internasional Kolaboratif ini terselenggara untuk memfasilitasi para guru bahasa Inggris di berbagai tingkatan.

“Pada hari ini, para guru bahasa dapat mendiskusikan langsung berbagai isu terkini berkenaan dengan pengajaran dan pembelajaran bahasa bersama para pakar”, jelas Rina.

Rina berharap bahwa hasil dari seminar ini nantinya mampu berkontribusi signifikan pada pengembangan profesional para guru bahasa, utamanya bahasa Inggris. (ncp)

Penulis: Chandra
Editor: Chandra
Publish: Ipin
loading...