Wujudkan Pemuda Desa Berkarakter, Kader PMMD Kemenpora RI Desa Sumberoto Donomulyo Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara

0
171
Kader PMMD Kemenpora RI Desa Sumberoto Donomulyo Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara

Giran: Pemuda Harus Berperan dalam Pembangunan Desa

Inspirasi Pendidikan –┬áKader Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Kemenpora RI, Muhammad Anis Yahya .bersama pemuda Karangtaruna Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo mengadakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara, Rabu (20/12/2017). Pelatihan yang bertajuk “Mewujudkan Pemuda yang Berkarakter dan Cinta Tanah Air” itu berlangsung sejak pagi hingga siang hari di Balai Desa Sumberoto.

Guyuran hujan tak membuat para peserta yang didominasi oleh para pemuda-pemudi itu mengendorkan semangatnya untuk berpartisipasi dalam pelatihan kali ini. Selain itu, M. Anis Yahya yang karib disapa Yahya juga melibatkan Ketua RT se-Desa Sumberoto untuk mengikuti pelatihan dari Kemenpora RI tersebut.

M. Anis yahya kader pmmd desa sumberoto donomulyo
M. Anis yahya kader pmmd desa sumberoto donomulyo

“Ada perwakilan pemuda desa sebanyak 20 orang dari beberapa dusun yang ada disini. Kami juga mengajak para Ketua RT di desa ini”, sahutnya.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan kali ini adalah Penggagas Pesantren Rakyat, Kyai Abdullah SAM dan Danramil Donomulyo, Suwarno. Keduanya memberikan materi penting bagi para pemuda dalam bidang kepemimpinan dan bela negara.

Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh pihak seerti yang disampaikan oleh Giran, perwakilan perangkat Desa Sumberoto. Ia mengajak para pemuda melalui kegiatan ini untuk bisa mengambil kesempatan. “Anak muda harus mampu mendalami sesuatu yang baik”, serunya.

“Harus mampu berperan dalam pembangunan dan saling sinergi. Pemuda Sumberoto harus mampu melanjutkan kepemimpinan kedepan”, ajak Giran.

Senada dengan Giran, Dariyanto, Sekretaris Kecamatan Donomulyo ingin para pemuda seluruhnya, utamanya pemuda karangtaruna untuk selalu kerjasama dengan pemerintah desa dalam mewujudkan pembangunan. “Di desa ini ada potensi pengembangan desa wisata. Oleh karena itu, dari para pemuda inilah nanti bisa dikembangkan”, tuturnya.

Dirinya juga berharap, pemuda mampu meningkatkan hal-hal baik dan menciptakan inovasi-inovasi baru di dalam rangka pengembangan desa wisata ini. Inilah kemudian yang kedepan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat”, harap Dariyanto.

Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya Komunitas PMMD Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo untuk menggagas dan menjalankan program yang dicanangkan. (ncp)

loading...