Beragam Cara Guru Untuk Mengajar Kreatif dan Inovatif di Sekolah

0
7

Inspirasi Pendidikan – Belajar kadang-kadang bukanlah hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Karena para siswa sering kebosanan, maka para guru harus memikirkan cara khusus untuk belajar tapi tidak membuat siswa bosan.

Kreatifitas para guru tentu harus dikembangkan. Bagi dispendik kabupaten Malang, mengajar bukanlah kegiatan menggugurkan tanggung jawab saja bagi seorang guru. Guru juga wajib meningkatkan kualitas pendidikan di tempat ia mengabdi.

Guru harus meningkatkan kedisiplinan, kerja sama dan produktivitas para siswa di sekolahnya masing-masing. Salah satu kreatifitas guru yang bisa dijadikan contoh baik adalah guru yang membuat media pembelajaran bagi para siswanya.

Contoh kreatifitas ini bisa diterapkan di tingkat sekolah dasar. Materi media pembelajaran ini harus disesuaikan dengan pelajaran yang sedang berlangsung. Menurut dispendik kabupaten malang, media pembelajaran ini harus digunakan setiap hari agar siswa tidak merasa bosan dan lelah untuk belajar.

Kompetisi atau lomba-lomba tentu bisa dijadikan patokan tambahan untuk meningkatkan prestasi siswa. Siswa akan cenderung ingin belajar lebih apabila ada teman sekelasnya yang mengikuti lomba yang sama. Selain itu, masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa, yakni dengan menerapkan silabus.

Silabus adalah serangkaian rencana yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. Apabila guru menerapkan silabus dengan benar, maka hal ini bisa membuat siswa lebih mengerti dan tidak mengundur waktu pembelajaran.

Cara terakhir yang masih mungkin dilakukan oleh dispendik kabupaten Malang adalah membuat jurnal. Semua guru atau wali kelas wajib membuat jurnal di setiap mata pelajaran. Misalnya saja dalam satu hari ada 3 mata pelajaran. Maka guru mata pelajaran perlu membuat 3 jurnal. Isi jurnal adalah apa saja yang dipelajari dalam jam pelajaran tersebut.

Dengan hal ini, guru wali kelas akan mudah untuk mengecek seberapa jauh materi yang sudah diterima oleh para siswa. Sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan hal ini dan menunjukkan prestasi yang semakin bagus. Bukan tidak mungkin dispendik kabupaten malang membuat hal ini menjadi hal wajib di setiap sekolah. (jj)

Loading...