Bentuk Karakter Siswa Melalui Batik Tulis Turi Gumantung

0
Siswa SMP Kristen 1 YPK Kota Malang mengikuti pengenalan dan pembelajaran batik tulis Turi Gumantung. (Foto: Wahyu Setiawan/IP).

Malang, IP – SMP Kristen 1 YPK yang beralamat di Jalan Kelud 14 Kota Malang, mengadakan program pembentukan karakter siswa kelas VII, VIII, IX melalui pengenalan dan pembelajaran batik tulis Turi Gumantung. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk memahami budaya Indonesia dan juga membentuk karakter yang baik.

Baca Juga: 

Melalui Media Pandawa Lima, SMP 2 YPK Jatim Kampanyekan Stop Bullying

Persari Rutin, Sarana Pembentukan Karakter Shining Star

Dari Berjalan, Siswa Diajak Hayati Filosofi Hidup

Ajak Siswa Peduli Sampah Dengan Membuat Briket

Kepala SMP Kristen 1 YPK Drs Dwijono menyampaikan, program ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk meningkatkan karakter siswa.

“Kita ingin para siswa tidak hanya berprestasi akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan berwawasan luas. Oleh karena itu, kami memilih batik tulis Turi Gumantung sebagai media untuk mencapai tujuan ini,” kata pria yang akrab disapa Dwi ini.

Dalam program ini, siswa diajarkan cara membuat batik tulis Turi Gumantung dari awal hingga akhir sekaligus dibuat seragam sekolah. Mereka juga belajar tentang filosofi dan makna di balik setiap motif pada batik tulis tersebut. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang nilai-nilai seperti kerja keras, ketekunan, dan kreativitas yang terkandung dalam proses pembuatan batik tulis.

“Melalui program ini, kami berharap siswa dapat memahami bahwa batik bukan hanya sekedar kain, tetapi juga merupakan warisan budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Selain itu, proses pembuatan batik tulis juga mengajarkan nilai-nilai yang penting dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Dwi.

Ia lantas menegaskan, program pembentukan karakter siswa melalui batik tulis Turi Gumantung juga turut mendapat sambutan positif dari para siswa dan orang tua.

Sementara itu, Yulia Dianawati guru PPKn sekaligus guru batik tulis di sekolah tersebut mengungkapkan bahwa program ini tidak hanya bermanfaat dalam membentuk karakter siswa, tetapi juga memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga tentang budaya Indonesia.

“Program ini sangat menarik dan bermanfaat bagi kami. Kami dapat belajar tentang budaya Indonesia dan juga belajar nilai-nilai yang penting dalam hidup. Kami berterima kasih kepada sekolah yang telah mendukung dan memberikan kesempatan kepada kami,” kata Yulia.

Dengan program ini, SMP Kristen 1 YPK Kota Malang berharap dapat mencetak siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan berbudaya tinggi. Program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia dalam pembentukan karakter siswa melalui pengenalan budaya Indonesia Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News