Peringati HANI 2017, BNN Kabupaten Malang Gelar Pemilihan Duta Anti Narkoba 2017

0
334

Inspirasi Pendidikan – BNN Kabupaten Malang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang menyelenggarakan Pemilihan Duta Anti Naroba Kabupaten Malang Tahun 2017. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan BNN Kabupaten Malang dalam rangka Peringatan Hari Anti Narkoba (HANI) 2017.  Puncak kegiatan ini berlangsung di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jl. Panji No. 158 Kepanjen, Jumat, (21/07/2017).

Selain untuk memperingati HANI 2017, tujuan penyelenggaraan Pemilihan Duta Anti Narkoba adalah mencari potensi emas dari generasi muda di Kabupaten Malang untuk dapat menjadi perwakilan atau representatif semangat pemuda dalam menggelorakan kampanye stop narkoba dan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di tengah masyarakat Kabupaten Malang.

Grand Final dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Malang yg memawakili dan membacakan sambutan Bupati Malang, Kepala BNN Kabupaten Malang anggota Forkompimda Kabupaten Malang atau yang mewakili, Kepala SKPD dan Dinas terkait, Kepala Instansi vertikal terkait, Pimpinan Lembaga Rehab Instansi Pemerintah, Pimpinan Lembaga Rehab Komponen Masyarakat, para Kepala Sekolah, orang tua, keluarga dan para pendukung dari sekolah/madrasah asal para finalis.

Proses Pemilihan Duta Anti Narkoba Kabupaten Malang Tahun 2017 dimulai dengan pendaftaran yang dibuka untuk kalangan pelajar SMA/SMK/MA/sederajat di wilayah Kabupaten Malang. Seleksi tahap pertama yang telah dilaksanakan pada 12 Juni 2017, sejumlah 124 orang putra/putri peserta yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes tulis yang kemudian disaring lagi menjadi 40 besar untuk maju pada seleksi tes wawancara. Dari kumulatif nilai administrasi yang mencakup prestasi, pengalaman organisasi dan tes tulis serta wawancara maka dihasilkan 20 orang putra putri Finalis Duta Anti Narkoba Kabupaten Malang 2017 yang berkompetisi di malam Grand Final.

Pada malam grand final putra putri Finalis Duta Anti Narkoba 2017 dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan tentang upaya Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Indonesia maupun Kabupaten Malang, khususnya yang harus dilakukan oleh pelajar Duta Anti Narkoba. Adapun juri pada grand final adalah dari unsur Akademisi/Pendidik, Duta Wisata/Roro Kabupaten Malang dan BNN Kabupaten Malang.

Dari perhelatan tersebut akhirnya terpilih Juara 1 Putra Duta Anti Narkoba Kabupaten Malang 2017, M. Renaldi Bagus Wijayanto, MAN Gondanglegi dan  Juara 1 Putri Duta Anti Narkoba Kabupaten Malang 2017, Eka Fahrun Nisak Ramadhani, SMA Negeri 1 Kepanjen.

Dalam kesempatan ini, Kepala BNN Kabupaten Malang, AKBP I Made Arjana berharap dengan adanya duta anti narkoba, nantinya akan membantu BNN dalam melakukan pemberantasan narkoba, utamanya di Kabupaten Malang. Mengingat, narkoba adalah kejahatan lintas negara atau extraordinary crime.

“Saya berharap Kabupaten Malang bebas dari penggunaan dan peredaran gelap narkoba”, tutup Arjana. (ncp)

loading...