Open House, Cara Efektif Kembangkan Minat dan Bakat Siswa Kabupaten Malang

0
39

Inspirasi Pendidikan – Guru adalah orang yang memiliki peranan penting dalam mendidik anak di sekolah. Peran guru yang sangat penting ini membuat guru disebut sebagai orang tua kedua bagi anak-anak. Ada banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah pengembangan kreatifitas siswa. Mengembangkan kreatifitas siswa ini adalah sebuah kegiatan yang dikhususkan untuk mewadahi minat dan bakat para siswa. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan kreatifitas siswa, dan tentunya semua sekolah memiliki cara yang beragam untuk melakukannya.

Salah satu contoh sekolah yang mengembangkan kreatifitas siswanya dengan cara yang bervariasi adalah TK Islam Terpadu atau TKIT Al Ma’un. TKIT yang satu ini terletak di Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Ibu Siti Chotimah sebagai kepala sekolah dari TKIT ini mengatakan bahwa sekolah mereka sangat memperhatikan kebutuhan penyaluran kreatifitas siswanya. Salah satu metode yang dilakukan adalah Bisnis Day.

Bisnis Day ini adalah sebuah hari dimana semua siswa difasilitasi untuk belajar berbisnis dan mengembangkan mental dalam berwirausaha. Open House akan dilakukan untuk mendukung usaha Bisnis Day ini. Siswa sendiri boleh memilih peran yang ia sukai. Misalnya seorang siswa yang suka untuk berjualan, maka ia bisa berperan menjadi seorang pedagang. Sekolah juga tidak tanggung-tanggung dalam mendukung gerakan ini. Latar sekolah akan diubah menjadi sebuah pasar tradisional.

Meskipun masih anak-anak, para siswa akan menjual barang asli atau barang nyata. Ada banyak contoh barang yang bisa dijual oleh para penjual cilik ini, misalnya saja jajanan sehat atau handcraft. Sekolah memberlakukan bisnis day ini untuk mengajarkan kepada para siswa bahkan tindakan konsumtif bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sebaliknya, menabung akan membawa banyak manfaat untuk diri sendiri di masa depan. Sembari melakukan transaksi jual beli, ada juga performance art yang dilakukan secara berkelompok. Kelompok ini juga bebas membawakan berbagai macam kesenian sesuai dengan keahlian masing-masing. (ff)

Loading...