Dispendik Kabupaten Malang Diharap Siap Berikan Dana BOS Tepat Waktu Untuk 2020

0
34

Inspirasi Pendidikan –¬†Pernahkah Anda mendengar istilah nama dana bos? Dana bos adalah dana yang diberikan pemerintah untuk sekolah-sekolah negeri di seluruh Indonesia. Ada beberapa tujuan utama dari dana bos. Yang pertama adalah untuk membantu penyediaan dana atau biaya operasi sekolah. Tujuan yang kedua adalah untuk membebaskan pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik. Hal inilah yang membuat anak-anak yang bersekolah di tingkatan SD dan SMP masih tidak perlu membayar SPP atau uang semester. Uang tersebut sudah ditutupi atau dicover oleh pemerintah.

Dinas pendidikan Kabupaten Malang sudah sewajarnya memberikan dana pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya. Dana pendidikan yang diberikan untuk sekolah-sekolah ini akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan primer sekolah. Di tahun 2020, bukan tidak mungkin terjadi kenaikan biaya bosda. Bosda dinilai memiliki peranan yang sangat penting untuk sekolah. Dana yang akan disalurkan ini akan dijadikan sebagai pendamping dana bantuan operasional di tiap-tiap sekolah.

Seperti dikutip dari berita jatim, Untuk siswa sekolah dasar tiap orangnya akan diberikan bantuan sebesar 800 ribu rupiah pertahun. Sedangkan untuk siswa sekolah menengah pertama, satu orang siswa akan diberikan bantuan sebesar 1 juta rupiah per tahunnya. Dana BOS kabupaten Malang memang masih jauh dari standart minimal yang harusnya diberikan untuk masing-masing anaknya. Dana ini juga masih tidak mampu untuk menutupi biaya operasional lembaga. Pendapatan Asli Daerah di kabupaten Malang juga digunakan untuk membantu menutupi besarnya biaya tersebut.

Sekolah-sekolah tentu masih menyayangkan mengapa sangat sulit dana BOS yang tidak seberapa ini untuk cair. Bahkan di awal tahun 2019, banyak sekolah yang masih tidak mendapatkan kucuran dana. Padahal semester genap akan segera dimulai. Harapannya, di tahun depan yakni tahun 2020, pemerintah akan lebih cepat untuk menurunkan anggaran dana bos. Tentunya hal ini akan menguntungkan sekolah karena bisa mengajar dengan layak kepada murid-murid di seluruh pelosok kabupaten malang. Pemerataan aliran dana bos juga bisa membantu mengurangi tingkat kesenjangan sosial di kalangan anak-anak sekolah dasar dan juga sekolah menengah.

Loading...