Intip Apa Saja Faktor Pendidikan Menengah di Kabupaten Malang

0
92

Inspirasi Pendidikan – Sekolah Menengah Pertama atau yang biasanya disebut dengan SMP adalah jenjang pendidikan yang kedua setelah lulus dari Sekolah Dasar. Biasanya, jumlah SMP akan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah SMA dalam satu wilayah kota atau kabupaten. Di Kabupaten Malang sendiri, masih ada banyak sekali SMP baik negeri maupun swasta yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus. Apalagi dengan adanya sistem zonasi, maka anak-anak yang tinggal di wilayah kabupaten tidak bisa bersekolah di kota.

Sistem ini tentunya tidak terlalu buruk, karena ditujukan untuk pemerataan sekolah. Bayangkan saja jika semua anak yang memiliki kelebihan akan bersekolah di sekolah kota. Sedangkan sisanya akan bersekolah di sekolah kabupaten. Hal ini tentu tidak efektif untuk kegiatan pembelajaran serta tidak bisa meningkatkan nama baik sekolah. Ada banyak sekali faktor yang mendasari mengapa Anda harus menyekolahkan anak Anda di sekolah kabupaten. Yang pertama adalah jumlah siswa. Jumlah siswa di kabupaten dan kota cenderung berbeda jauh. Jumlah siswa di kabupaten malang akan lebih sedikit. Dampak baik yang bisa diambil adalah anak tidak mudah terpecah fokusnya karena teman sekelasnya hanya sedikit. Anak akan bisa lebih berkonsentrasi saat di kelas.

Faktor kedua adalah jarak. Anak yang jarak rumah dan sekolahnya jauh, maka akan cenderung letih dan lesu di sekolah. Hal ini dikarenakan mereka sudah capek di perjalanan dan fokusnya akan terganggu. Apabila jarak sekolah dan rumah masih cenderung dekat, maka Anda akan lebih menghemat waktu sehingga tidak terlambat ke sekolah. Anak juga tidak akan capek karena perjalanan yang jauh. Dengan banyak faktor lainnya, membuat sekolah menegah pertama yang berlokasi di kabupaten malang ini bisa menjadi pilihan untuk menyekolahkan anak setelah lulus SD. Di sekolah kabupaten, anak juga masih bisa mengembangkan bakat dan juga minatnya sesuai dengan keinginannya. Orang tua juga dituntut untuk tidak berpemikiran tertinggal dan berpikir bahwa sekolah di kota adalah hal yang terbaik untuk sang anak.

Loading...