Siswa SD Aisyiyah ‘Kamila’ Malang Antusias Berliterasi di Alam Terbuka

0
Keseruan kegiatan literasi siswa-siswi SD Aisyiyah ‘Kamila’ Malang dalam Reading Across the Sky in the Park. (Foto: Ist/IP)

Malang, IP — Di bawah langit cerah dan suasana asri Taman Bunga Merjosari, keceriaan dan semangat belajar terpancar dari wajah-wajah siswa kelas I dan II SD Aisyiyah ‘Kamila’ Malang.

Baca Juga: 

 

SD Aisyiyah Kamila Kembali Raih Juara Umum dalam Ajang Tapak Suci

Reporter Cilik: Sarana Mengenalkan Jurnalistik di SD Aisyiyah Kota Malang

Lakukan International Collaboration Guru SD Aisyiyah Kota Malang Visit ke Vietnam

Mereka mengikuti kegiatan Reading Across the Sky in the Park, sebuah program literasi kreatif yang menggandeng komunitas literasi bertaraf internasional, Reading Across the Sky.

Kegiatan ini menjadi wadah menyenangkan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap buku dan dunia membaca sejak dini, dengan pendekatan alam terbuka yang segar dan inspiratif.

Acara ini dimulai sejak pagi hari dengan sesi senam bersama, yang menghangatkan suasana dan membangkitkan semangat anak-anak. Dengan iringan musik ceria dan gerakan dinamis, siswa dan guru bergerak bersama di bawah sinar matahari pagi.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan aktivitas melatih motorik halus melalui cutting activity (menggunting pola), yang dirancang untuk mengasah keterampilan tangan sekaligus fokus anak.

Usai kegiatan awal, siswa dipersilahkan memilih aktivitas literasi berikutnya. Panitia telah menyiapkan berbagai pilihan menarik, mulai dari membaca buku cerita anak yang telah dikurasi sesuai usia, hingga mewarnai gambar dengan tema bebas.

Anak-anak tampak antusias memilih buku dan alat mewarnai, kemudian duduk di atas tikar yang tersebar di berbagai sudut taman. Pemandangan anak-anak yang tenggelam dalam dunia buku sambil duduk bersila di bawah pohon menjadi bukti bahwa literasi bisa ditanamkan dengan cara yang menyenangkan.

Reni Nur Farida, S.Pd.I., M.Pd., Kepala SD Aisyiyah ‘Kamila’ Malang, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi sekolah untuk menciptakan pengalaman belajar bermakna dan menyenangkan.

“Kami percaya bahwa literasi tidak hanya dibangun di dalam kelas, tetapi juga bisa tumbuh di ruang terbuka, dekat dengan alam, dan melalui interaksi sosial yang positif. Dengan konsep outbound literasi seperti ini, anak-anak belajar membaca sambil bergerak, bermain, dan berimajinasi,” ujarnya Baca konten selengkapnya versi cetak di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 144

Total Kunjungan: 186

Install Aplikasi Inspirasi Pendidikan di Ponselmu: Install Sekarang