Fakulitas Ekonomi (FE) UIN Malang Gelar ICONIES ke-7

0
55

Inspirasi Pendidikan -Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) terus mewadahi mahasiswanya dengan berbagai penunjang. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Fakultas Ekonomi (FE) UIN Malang.

Dilansir dari MalangTIMES,

FE UIN menggelar International Conference of Islamic Economic and Business (ICONIES) di Aula Rektorat lantai 5 UIN Malang, Selasa (3/9/2019).

ICONIES tahun ini menginjak usia ke-7. Seminar internasional tersebut juga digelar dalam rangka melibatkan masyarakat terutama mahasiswa untuk mewujudkan sektor ekonomi syariah di skala nasional maupun internasional.

Acara ini menghadirkan para ahli ekonomi dari berbagai negara, mulai dari Malaysia, Libya, dan Indonesia.

Salah satunya adalah Dr Mohammad Mahbubi Ali dari International Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS), Malaysia.

Melalui presentasinya, Mahbubi Ali menekankan peran universitas dalam pembelajaran Ekonomi Islam.

Menurutnya, universitas harus mewadahi mahasiswa dengan berbagai penunjang.

“Seperti Human Development and Capacity Building, Research and Advocacy, Link and Match, Technology-based dan Soft-skill Oriented,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga memuji upaya UIN Malang dalam menyediakan fasilitas berupa pusat-pusat pembelajaran dan laboratorium untuk menunjang keterampilan mahasiswa dalam ranah Ekonomi Islam, baik secara teori maupun praktik.

Di samping itu, ia juga memaparkan tentang urgensi perkembangan teknologi dalam Ekonomi Islam.

“Sepuluh tahun lagi, bank akan tetap ada, tetapi bankir sudah tidak ada lagi. Semuanya digantikan dengan mesin. Tapi, hal-hal seperti kreativitas dan moral tetap tidak akan tergantikan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, ICONIES diikuti oleh ratusan mahasiswa dan dosen bidang Ekonomi Islam.

Acara ini turut diisi oleh akademisi dan praktisi ternama seperti Dr Suliman Hasan Suliman (Arefak University, Libya) dan Prof Dr H M Djakfar (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Loading...