Bersama Komalku, IAI Al-Qolam Malang Kembangkan Iklim Menulis Mahasiswa

0
68

Kab Malang, IP – Sebanyak 32 mahasiswa IAI AL-Qolam Malang, baru saja menyelesaikan kelas menulis. Kegiatan tersebut terlaksana selama empat minggu berturut-turut, dimulai sejak 16 September 2021 hingga Oktober 2021.

Selain membahas berbagai materi tentang menulis, kelas menulis besutan IAI AL-Qolam tersebut juga menghasilkan buah karya bertajuk “Menulis Itu Mudah, Sebuah Antologi Karya Mahasiswa Al-Qolam”.

Menjadi karya tulis yang turut melibatkan 21 mahasiswa pada proses penyusunannya. Selain buku antologi, kelas menulis juga menghasilkan beberapa buku solo karya mahasiswa IAI Al-Qolam.

Rektor IAI Al-Qolam, KH. Adib berharap gelaran ini dapat berkelanjutan. Tujuannya agar semangat literasi terus tumbuh di kalangan mahasiswa Al-Qolam.

“Akan menjadi sebuah bola salju yang menggelinding dan menularkan kemauan menulis kepada mahasiswa-mahasiswa lain,” imbuhnya saat memberi sambutan dalam acara yang terlaksana di Kampus IAI AL-Qolam Gondanglegi Malang ini.

Baca juga : Mahasiswa UM Kembangkan Cellspace

Supaya iklim menulis dan semangat berkarya tetap tumbuh dan bersemi di kalangan mahasiswa, IAI Al-Qolam secara resmi menggandeng Komunitas Menulis Buku Indonesia, Komalku.

Sementara itu, Prof. Fauzan salah seorang pemateri Karya Tulis Ilmiah di Kelas Menulis menjelaskan, untuk mengembangkan iklim menulis akan ada kegiatan Ngopi Puisi setiap bulan. Selain itu juga akan menerbitkan minimal satu buku dari kalangan mahasiswa Al-Qolam.

“Nantinya kami akan meluncurkan kegiatan Ngopi Puisi. Ada minum kopi, dengan tiket mencipta atau membacakan puisi,” jelasnya.

Di satu sisi, Ketua Komalku sekaligus Narasumber Kelas Menulis, Anis Hidayatie menyampaikan kesanggupan untuk menerbitkan minimal satu buku tiap bulannya. (was)

Selengkapnya baca di Tabloid Inspirasi Pendidikan