Pekan PHBI, Yayasan Pendidikan Sunan Ampel Ketintang Poncokusumo Adakan Santunan 100 Anak Yatim Piatu dan Pengajian Umum

0
164

Inspirasi Pendidikan – Yayasan Pendidikan Sunan Ampel Ketintang Pajaran, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang menggelar giat Santunan 100 Anak Yatim Piatu, Kamis (20/09/2018). Acara ini merupakan program kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) pada organisasi siswa di bawah naungan yayasan tersebut seperti SMART, SMASH dan OSIS SAKTI terdiri dari MI, MTs, dan SMA.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan PHBI kali ini dilaksanakan secara bersama oleh organisasi siswa lembaga di bawah naungan Yayasan pendidikan Sunan Ampel Ketitang  dengan kegiatan sosial. Dengan mengusung tema “Berbagi Bikin Hidup Lebih Berarti, acara tersebut dirangkai dengan Santunan 100 Anak Yatim Piatu dan Pengajian Umum.

Selain untuk memperingati Tahun Baru 1440 Hijriah sebagai syiar dakwah islam, acara yang digagas itu sebagai media pembelajaran untuk peserta didik untuk peka terhadap lingkungan sosial untuk berbagi kepada anak yatim piatu dengan menggali dana pada para donatur dari wali murid dan warga sekitar.

Dihadiri oleh 1300 undangan yang terdiri dari semua siswa dan wali murid PAUD, RA, MI, MTs dan MA Sunan Ampel, tokoh masyarakat dan warga sekitar dan 150 yatim piatu dari 30 Lembaga Pendidikan Negeri atau Swasta dari tingkat PAUD, RA/TK, MI/SD dan MTs/ SMP dari beberapa desa sekitar Dusun Ketitang, acara berlangsung dengan khidmat hingga pengajian umum yang diberikan oleh KH. Maliki dari Pasuruan usai.

Menurut informasi yang diberikan oleh Wahyu Nur Qomara, Ketua OSIS yang juga sebagai Ketua Panitia acara tersebut menyebutkan, kegiatan ini semula direncanakan mengundang 100 anak yatim piatu. “Karena dukungan masyarakat dan para donatur ketika pelaksanaan dapat mengundang 150 anak yatim piatu”, tutur Wahyu.

Selain itu, Anik Muktafiyah, S.Pd.I., Pembina SMART dan SMASH berharap, kegiatan seperti ini dapat menumbuh kembangkan potensi peserta didik yang dimiliki dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial di masyarakat. Tak hanya itu, giat kali ini adalah wujud dari kekompakkan lembaga di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sunan Ampel Ketintang Poncokusumo. Hal ini diungkapkan oleh Hayatussalam, S.Pd.I., Kepala MTs Sunan Ampel.

“Keberhasilan acara santunan ini akan membawa dampak yang sangat positif bagi lembaga lembaga dibawah naungan Yayasan Sunan Ampel mulai dari PAUD, RA, MI, MTs dan MA Sunan Ampel untuk saling mendukung dan berpartisipasi sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan penuh kekeluargaan”, ungkapnya.

Disisi lain, Gus H. Fauzi S.Pd.I., wakil dari Pengurus Yayasan Sunan Ampel menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi warga dan sinergi antara Yayasan Pendidikan Sunan Ampel dan beberapa pondok pesantren yang berada di Dusun Ketintang.

“Kerjasama antar lembaga Pondok Pesantren Nurul Hikmah Assalafiyah, Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum, Pondok Pesantren Roudlotul Muqowwimin, Pondok Pesantren Nailurrohmah Annuronniyah, TPQ Azzahro’ menjadi poin penting suksesnya kegiatan santunan trsebut. Karena untuk setingkat dusun, Ketitang memiliki jenjang pendidikan yang lengkap mulai dari PAUD/KB hingga tingkat atas dan TPQ. Sampai Pondok Pesantren”, kata Fauzi. (pra)

Loading...