Plt Bupati Malang Pimpin Renungan Suci

0
51
Malangkab

Inspirasi Pendidikan – Plt. Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi MM, bertindak sebagai Inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI Ke-74 Tahun 2019, upacara yang digelar untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, dipusatkan di Taman Makam Pahlawan ( TMP ) Prayuda Nirwana, Kepanjen, Jumat (16/8) malam .

Dilansir dariĀ Malangkab, Akp Effendy Budi, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Karangploso yang bertindak sebagai Komandan Upacara. Tepat pada pukul 00.00 WIB, suasana tampak hening, semua penerangan dipadamkan dan kemudian puluhan anggota Pramuka menyalakan lilin. Prosesi Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh Plt. Bupati.

Plt. Bupati membacakan naskah yang menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. ” Kami bersumpah dan berjanji : perjuangan Saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara – saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” demikian sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Pak Sanusi.

Prosesi selanjutnya adalah mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan pendahulu bangsa. Rangkaian acara tersebut di tutup penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan, dengan melakukan tabur bunga. Tercatat ada 205 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kepanjen, terdiri dari 166 anggota TNI dan Polri, 1 Pegawai Negeri Sipil, serta 38 warga sipil.

Dalam upacara itu, dihadiri Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Sekretaris Daerah Ir. Didik Budi Muljono, jajaran Pejabat Dilingkungan Pemkab Malang, juga peserta upacara yang terdiri dari unsur pelajar SMA, aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, Polri, hingga sejumlah veteran.

Loading...