Beragam Prestasi Pramuka Siswa di Kabupaten Malang

0
36

Inspirasi Pendidikan – Kegiatan pramuka adalah sebuah ekstrakurikuler yang biasanya diadakan sebagai hal wajib mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Di Kabupaten Malang sendiri, ada banyak sekali prestasi yang sudah dituai oleh murid-muridnya. Salah satu prestasi ini mampu diraih oleh Madrasah Tsanawiyah NU Pakis, Kabupaten Malang. Sekolah ini mampu untuk meraih juara umum pramuka se Malang Raya. Itu artinya, para siswa dari MTS NU Pakis ini mampu mengalahkan anak-anak dari sekolah lain di seluruh wilayah Malang. Menurut kepala sekolahnya, yakni Ibu Najimah, hal ini bisa terwujud karena mereka menerapkan sistem seratus prestasi setahun. Meski hanya memiliki sedikit murid, sekolah ini tetap mampu menunjukkan eksistensinya di bidang prestasi pramuka.

Di jenjang kedua atau SMP, ada banyak sekali sekolah yang mewajibkan para siswanya untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Tujuannya adalah untuk melatih kekompakan antar kelompok dan supaya siswa bisa naik dari pangkat penggalang menjadi pangkat pandega. Sekolah-sekolah ini juga sangat supportif dalam mendukung siswanya untuk mulai lomba di bidang pramuka. Beberapa lomba yang biasanya diikuti oleh para siswa di jenjang smp adalah tali temali, semapur, yelyel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Puluhan prestasi juga sudah diraih dan dipertahankan oleh siswa-siswa ini.

Dari kalangan SMA atau sekolah menengah atas juga tidak mau kalah dalam berprestasi. Prestasi ini ditunjukkan oleh SMA Islam Kepanjen atau biasa disingkat dengan Smaisaka. Smaisaka ini berhadil menjadi pemenang dalam lomba pramuka penegak pancarama atau LPPR. Lomba yang satu ini diselenggarakan oleh UNIRA Malang. 4 orang siswa smaisaka menunjukkan senyumnya saat sudah berhasil mengantongi gelar juara. Tidak hanya dari smaisaka, SMA Negeri 1 Turen juga turut menyumbangkan prestasi dalam bidang pramuka. Sekolah menengah atas yang satu ini menjadikan pramuka sebagai salah satu pilihan ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh para siswa yang tertarik untuk berkarya di bidang ini. Kabupaten Malang tentu harus berbangga memiliki banyak putra dan putri yang berprestasi seperti ini.

Loading...