Ini Dia Sekolah Paling Inovatif di Kabupaten Malang

0
56

Inspirasi Pendidikan – Pernahkah Anda mendengar nama SMA Negeri 1 Turen? SMA Negeri 1 Turen ini tidak henti-hentinya membuat prestasi dan inovasi. Kali ini, SMA Negeri 1 Turen mendapatkan peringkat baru yakni sekolah paling inovatif se Malang Raya. Sebelum membahas prestasinya, ketahui terlebih dahulu dimana lokasi dari sekolah ini. SMA Negeri 1 Turen ini berlokasi di Jalan Mayjen Panjaitan Nomor 65, Turen, Kabupaten Malang. Ada beberapa hal yang bisa menjadikan sekolah ini menjadi sekolah yang favorit. Pertama adalah sistem pembelajarannya.

Sistem pembelajaran yang digunakan dalam sekolah ini adalah sistem satuan kredit semester atau SKS. Bagi para siswa yang memiliki semangat tinggi untuk bersekolah, maka para siswa bukan tidak mungkin lulus dalam waktu hanya 2 tahun saja. Menurut sang wakil kepala sekolah di bidang kurikulum, sekolah ini memberikan sistem SKS karena lebih diperdetail lagi. Tapi, nama SKS ini diubah menjadi sistem unit kegiatan belajar mandiri atau UKBM. Misalnya ada 10 UBKM dalam satu mata pelajaran PPKn. Para siswa yang bisa menempuhnya dalam waktu kurang dari 1 semester atau 6 bulan, maka bisa mengambil mata pelajaran lainnya. Ada banyak sekali indikator yang digunakan sebagai pengukuran apakah siswa ini sudah lulus UBKM atau belum.

Keberhasilan sistem ini ditunjukkan dengan adanya 48 siswa yang diterima SNMPTN. 21 diantaranya adalah anak-anak yang lulus dalam jangka waktu hanya 2 tahun saja. Selama tiga tahun berturut-turut juga, SMA Negeri 1 Turen ini menjadi sekolah rujukan nasional. Padahal kalau dilihat dari lokasinya, SMA ini terletak cukup jauh dari pusat kota. Gelar sekolah rujukan ini diberikan langsung oleh Kemendikbud sebagai bentuk apresiasi. Beragam inovasi dan juga layanan yang ditunjukkan oleh SMA Negeri 1 Turen inilah yang membuatnya berhasil menjadi sekolah rujukan. Akreditasi sekolah ini juga A, yang menunjukkan bahwa sekolah ini memang sangat bagus dan tepat untuk dijadikan lokasi pembelajaran selanjutnya bagi anak yang baru lulus SMP. Prestasinya yang tiada henti mampu mengokohkan posisi SMAN 1 Turen menjadi sekolah paling inovatif.

Loading...