SMAI Sabilillah Juara Vlog Pramuka

by
Foto : Ist Pelatih dan Pembina Pramuka SMAI Sabilillah Malang bersama Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang, dalam kegiatan serah terima piala juara lomba Vlog terbaik dan terfavorit
Foto : Ist Pelatih dan Pembina Pramuka SMAI Sabilillah Malang bersama Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang, dalam kegiatan serah terima piala juara lomba Vlog terbaik dan terfavorit

Malang, IP – Pada lomba vlog (video blogging) Pramuka yang diselenggarakan Kwarcab Kota Malang, SMAI Sabilillah Malang berhasil membawa pulang juara terbaik dan terfavorit tingkat Pramuka penegak. Lomba bertema “Dunia Penegak ­Inovatif”itu diadakan pada 14 Agustus 2020, bertepatan hari lahir Pramuka.
Sebagaimana lomba vi­deografi pada umumnya, para siswa memerlukan waktu persiapan untuk membuat konsep, kegiatan peng­ambilan gambar, hingga proses editing video. Per­lombaan vlog oleh Kwarcab Kota Malang ini juga demikian.
Menurut Muji Prihatin, pembina Pramuka SMAI Sabilillah, inf­ormasi ada­nya lomba sudah di­beritahukan sejak tanggal 1 Agustus.
Mulai tanggal itu, dewan ambalan binaannya sudah mu­­lai berproses dalam pembuatan video. Proses pengambilan gambar dilakukan pada hari Sabtu (8/8) sampai Minggu (9/8), dan pada hari Rabu (12/8) video sudah dikumpulkan ke penyelenggara lomba.
“Untuk ide, anak-anak itu membuat konsep video sendiri.
Kemudian mereka konsultasikan ke saya. Saya ha­nya membantu sedikit masukan.
Waktu pembuatannya bisa dikerjakan cukup singkat, ­karena memang ada tiga ­editor video,” ujar Muji, Kamis (10/9)
Muji menuturkan, anggota ­dewan amba­lan Pramuka­ berjumlah 50 siswa dari kelas 10 sampai kelas 12. Namun, hanya 9 siswa yang ikut serta­ dalam perlombaan vlog. Semuanya berasal dari kelas 11. Hal ini karena kelas 12 lebih difokuskan untuk menyiapkan ujian sekolah. Sedang untuk kelas 10 masih belum pernah bertemu langsung karena musim pandemi.
Lebih jauh diketahui, video yang berhasil mengantarkan Dewan Ambalan Pramuka SMAI Sabilillah mendapatkan juara, berdurasi 3,30 menit. Konsep yang ditampilkan adalah review kegiatan-kegiatan internal Pramuka penegak SMAI Sabilillah pada masa sebelum pandemi, serta kegiatan sosial berupa pembagian nasi bungkus kepada masyarakat sekitar pada saat pandemi. Pada hari Kamis (10/9), jumlah tayangan vlog via Instagram sudah mencapai 2.444 kali, dengan jumlah like dari pengguna Instagram sebanyak 609.
“Proses penjurian selesai tanggal 27 Agustus, sedangkan pengumuman kami mendapatkan juara kategori terbaik dan terfavorit itu hari Minggu (6/9) kemarin,” kata Muji
Muji menjelaskan, untuk sekarang dewan ambalan Pramuka binaannya sedang berproses membuat konsep baru untuk mengikuti lomba vlog tingkat Jawa Timur. Hal ini sebagai bentuk kelanjutan dari prestasi yang sudah didapat. Sekaligus menjadi bentuk respons dari Kwarcab Kota Malang yang memberikan arahan bagi sekolah-sekolah, khususnya sekolah yang sudah mendapatkan juara 1,2 dan 3 untuk mengikuti perlombaan vlog Pramuka tingkat provinsi.
“Peran Kwarcab itu sebenarnya besar, untuk memberikan stimulus kepada siswa agar memiliki keinginan berjuang yang lebih besar. Jadi saya berharap ke depan ada kegiatan-kegiatan yang dapat memancing anak-anak untuk ikut Pramuka.
Karena, banyak hal yang bisa dilakukan dalam Pramuka” tutupnya. (was)