Dua Profesor UB di Pengujung Tahun

0
133

Malang, IP-Menutup akhir tahun 2020, Universitas Brawijaya (UB) kembali menambah dua guru besar (professor) yang dikukuhkan pada Selasa (29/12/2020).
Mereka adalah Prof. Dr. Drs. Kusdi, DEA dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan Prof. Dr. Ir. As’ad Munawir, MT dari Fakultas Teknik (FT).

Kusdi dikukuhkan sebagai profesor dalam bidang Ilmu Organisasi dan Sumber Daya Manusia di FIA.

Dia merupakan profesor aktif ke-13 di FIA dan ke-190 di UB atau profesor ke-273 dari keseluruhan profesor yang dihasilkan UB.

Sedang As’ad Munawir dikukuhkan sebagai profesor bidang Ilmu Geoteknik di FT merupakan profesor aktif ke-12 di FT dan ke-191 di UB atau profesor ke – 274 dari seluruh profesor yang dihasilkan UB.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Kusdi membahas rancangan organisasi yang digambarkan seperti ‘Sarang Laba-laba’. Teori organisasi telah mengalami pergeseran dari perspektif modern ke postmodern, dari organisasi sebagai sistem tertutup ke sistem terbuka, dan dari organisasi dipandang sebagai mesin menjadi organisasi yang diibaratkan makhluk hidup dan kolase.

Sumber daya manusia untuk mendukung struktur itu adalah tenaga terampil dan berpengetahuan yang dituntut untuk secara terus-menerus memperbarui dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.
Ada dua komponen utama yang menentukan kinerja perusahaan, yaitu komponen keras yang mencakup strategi, struktur, dan sistem, ditambah juga komponen lunak yang meliputi kultur, gaya (kepemimpinan), karyawan serta keterampilan. Kinerja organisasi (perusahaan) ditentukan oleh kombinasi dan keselarasan antar-komponen yang ada di internal perusahaan.

Kultur (budaya) sebagai komponen utama dan terpenting ditempatkan di tengah karena mempengaruhi dan menentukan komponen-komponen yang lain.
Prof. Dr. Drs. Kusdi, DEA lahir di Magetan, 1957.

Telah menyelesaikan pendidikan Administrasi Niaga untuk S1 di Universitas Brawijaya, dilanjutkan program S2 dan S3 Manajemen di IAE Universite De Nice Sophia Antipolis.
Sementara, orasi ilmiah Prof. Dr. Ir. As’ad Munawir, MT adalah “Mitigasi Bencana Longsor Menggunakan Bahan Bambu Untuk Tiang Komposit Sebagai Solusi Inovatif Perkuatan Lereng”.Prof. Dr. Ir. As’ad Munawir, MT lahir di Sidoarjo, 1959.

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik Sipil di Universitas Brawijaya, menempuh program Magister (S2) Teknik Sipil Geoteknik di Institut Teknologi Bandung, dan program Doktor (S3) Teknik Sipil Struktur di UB. (Hms UB)

Loading...