PGRI Tingkatkan Soft Skill Guru

0
189

BATU, IP- Penggunaan Office 365 dalam rangka Optimalisasi Pembelajaran Abad XXI digelar oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Batu. Kegiatan pelatihan ini bertajuk “Webdiklat IV PGRI Kota Batu”. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 3 Batu, bertujuan juga meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.

Menurut Ketua PGRI Kota Batu, Yudo Suwintoro SPd, pelatihan secara daring ini digelar mulai 22-26 Februari 2021, menggunakan aplikasi zoom meeting. “Peserta berjumlah 470 orang,g berasal dari guru jenjang PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se- Malang Raya, Bbahkan, ada beberapa peserta dari daerah lain, seperti Jombang dan Pasuruan,” kata Yudo, kemarin.

Kegitan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih, sekaligus sebagai keynote speaker. Eny menyajikan materi tentang kebijakan Dinas Pendidikan Kota Batu dalam Optimalisasi Pembelajaran Abad XXI. Kegiatan ini juga dihadiri Kabid Pembinaan SMP, Kasi PTK Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Batu.

“Kegiatan ini, dengan struktur program pelatihan 32 JP.
Menghadirkan dua narasumber andal dari internal PGRI Kota Batu, yaitu Sucipto, S.Pd. dan Sukron Makmun, S. Pd,” jelas Yudo yang juga Kepala SDN Songgokerto 01 ini.
Fokus PGRI, lanjut Yudo, sebagai langkah optimalisasi peran PGRI Kota Batu dalam peningkatan komitmen dan kompetensi guru menghadapi tantangan Abad XXI. “Selama pelatihan, peserta diberikan pendampingan oleh narasumber, agar benar-benar mampu menguasai materi pelatihan.

Pelatihan ini berbasis tugas, sehingga peserta berhak mendapatkan sertifikat jika mengikuti keseluruhan proses penyajian materi, pendampingan, dan mengumpulkan tugas sesuai standar yang ditetapkan panitia,” tandasnya. (doi)