ASMI 2021, Unikama Peringkat 2 Nasional Pengusul Startup Terbanyak

0
67

Kab Malang, IP – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), berhasil menjadi perguruan tinggi peringkat kedua sebagai pengusul startup terbanyak nasional.
Peringkat tersebut diperoleh, lantaran lima dari sembilan startup binaan Unikama berhasil lolos pendanaan dalam kompetisi Akselerasi Start Up Mahasiswa Indonesia (ASMI) 2021.
Lima startup yang diusulkan dan lolos pendanaan dalam kompetisi gelaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud tersebut, adalah Edunasia, Inafund, Rakryan, Agronesia dan Tanibisa.
Keberhasilan mengusulkan banyak startup, menurut Kepala Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama Jacob Win, karena tidak lepas dari strategi kewirausahaan terintegrasi yang diterapkan Unikama.
Artinya mahasiswa mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, dan lembaga juga menyediakan Pusat Bisnis dan Kewirausahaan untuk mewadahi pembinaan terarah bagi mahasiswa yang memiliki minat menjadi wirausaha.
“Pada Pusat Bisnis & Kewirausahaan ini, kami menyediakan para pendamping wirausaha yang bersertifikasi, para mentor yang berasal dari praktisi bisnis & industri, serta para coach yg bersertifikasi internasional,” tutur Jacob Win
Dari hal tersebut, kemudian masing-masing mahasiswa akan diikutkan kompetisi startup oleh Biro Kemahasiswaan Unikama.
Dia mengungkapkan, walaupun Pusat Bisnis dan Kewirausahaan (BEC) Unikama masih sangat muda.
Namun hasil capaian tersebut menjadi bukti bahwa BEC (Business and Entrepreneurship) Unikama mampu bersaing dengan kampus-kampus PTN atau PTS lain yang jauh lebih senior
Jacob lantas menjelaskan, guna menarik minat dan memotivasi mahasiswa untuk mengikuti program kewirausahaan, Biro Kemahasiswaan melalui program-programnya juga sangat memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha.
“Salah satunya adalah dengan mengadakan program Duta Wirausaha,” tegasnya
Hingga saat ini setidaknya sudah ada sekitar 20 startup yang berhasil dicetak oleh Unikama. Startup-Startup tersebut difokuskan pada startup digital bidang Pendidikan, Pertanian dan Finansial.
“Karena basicnya Unikama adalah PGRI, dan Unikama memiliki jurusan-jurusan tersebut di atas,” tambahnya
Menurutnya, untuk membangun bisnis bisa dimulai sejak mahasiswa, apalagi kampus juga sudah memberikan fasilitas berlimpah melalui BAK dan Pusat Bisnis.
“Harapan kami, mereka akan benar-benar bisa membesarkan bisnisnya, mencetak profit dan memberi dampak bagi masyarakat. Serta dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa Unikama lainnya,” tukasnya. (was)