Coban Putri, Air Terjun di Antara Lembah dan Perbukitan

0
7

Saat ini alam banyak diubah menjadi objek wisata yang sedang banyak digemari oleh pengunjung. Baik pengunjung yang ingin menghabiskan waktu luang, maupun bagi mereka yang hanya ingin mengeksplorasi keindahan tempat wisata.

Bicara mengenai wisata, lagi-lagi Malang Raya menyimpan banyak sekali daftar lokasi wisata yang wajib dikunjungi terutama di wilayah Kota Batu. Selain menyediakan tempat-tempat rekreasi keluarga, Kota Batu juga dikenal dengan wisata alamnya.

Salah satunya adalah Coban Putri, bisa menjadi daftar lokasi wisata yang wajib dikunjungi. Tentunya setelah peningkatan kasus pandemi Covid-19 mereda, khususnya di wilayah Malang Raya. Hal ini mengingat lokasi wisata selalu menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai daerah.

Coban Putri sendiri merupakan air terjun yang terletak di Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Uniknya, Coban Putri memiliki dua air terjun sekaligus. Air terjun dengan aliran air tidak terlalu deras berada di bawah, sedangkan air terjun utama dengan aliran air yang lumayan deras berada di lokasi atas.

Menariknya lagi, dibandingkan dengan air terjun lain di Kawasan Kota Batu, Coban Putri terletak di bawah perbukitan dan di antara lembah. Sehingga pengunjung dapat melihat berbagi pohon pinus yang menjulang tinggi, karenanya bisa menambah suasa yang cocok untuk relaksasi atau mengistirahatkan pikiran.

Baca juga: Mengenal Budikdamber Aquaponik Solusi Bisnis di Masa Pandemi

Untuk menikmati keindahan Coban Putri tidaklah gratis, karena pengunjung harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan parkir kendaraan Rp. 5.000. Jika dibandingkan dengan keindahan dan kemudahan jalan sebagai akses masuk, bisa dikatakan cukup terjangkau.

Untuk menuju kesini bisa melalui beberapa rute. Salah satunya dari jalur Lintas Barat Batu, dari sini terdapat petunjuk arah yang berada di sebelah kiri jalan, kira-kira 600 meter ada sebuah gerbang masuk menuju kawasan Coban Putri.

Jika masih bingung wisatawan bisa menggunakan aplikasi penunjuk jalan, seperti waze, google map dan sejenisnya. Semua rute bisa dilewati oleh kendaraan, baik roda dua atau roda empat.

Selain pemandangan air terjun, Coban Putri juga menyediakan spot-spot foto menarik lainnya. Sayangnya, karena pandemi ada beberapa spot foto yang harus ditutup sementara. Fasilitas lainnya adalah offroad, camping ground, warung makan, toilet, musholla, hingga ayunan kembar.