Fokus Kejuaraan Internasional, Aris Sabet Gelar Wisudawan Terbaik Bidang Non Akademik UM

0
41

Malang, IP – Dalam gelaran wisuda ke-107 UM, pada Sabtu (2/10/2021) lalu, terdapat empat lulusan dengan prestasi akademik terbaik tingkat universitas. Hal ini didasarkan atas perolehan IPK tertinggi, dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.
Selain itu, juga ada satu mahasiswa dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas. Prestasi ini diraih oleh Nur Mega Aris Saputra, SPd dari Program Studi (Prodi) S1 Bimbingan Konseling.
Prestasi terbaik non akademik, menurut Aris didapatkan dari inovasi yang fokus pada penulisan Esai dan pengembangan media berkaitan dengan bimbingan dan konseling, terutama berkaitan pada kesehatan mental.
“Untuk kelas Internasional ada beberapa yang pernah saya ikuti, seperti di Turki dan Malaysia, waktu di Malaysia saya mengangkat tema bullying. Jadi mengembangkan media agar siswa tidak melakukan tindakan bullying,” tegasnya, Kamis (30/9/2021).
Sedangkan ketika di Turki, ia mengaku mengangkat inovasi terkait layanan konseling bagi masyarakat. Tujuannya agar masyarakat dapat mengakses layanan konseling dengan mudah dan murah. Tidak hanya itu, ia mengaku juga pernah membentuk inovasi tentang penanganan cyber bullying.
Selain usaha mencari informasi terkait kompetisi internasional, keberhasilan mengikuti kompetisi, menurutnya juga didukung oleh UM dan fakultas dalam bentuk rekomendasi.
“Dari fakultas dan universitas sangat mendukung, karena biaya sudah ditanggung, selain itu juga ada pembinaan,” tuturnya.
Aris lantas menyampaikan, kuliah tidak hanya berfokus pada perolehan IPK saja.
Namun juga harus mengembangkan diri dalam bidang lain, terus berinovasi dengan mengikuti berbagai kompetisi. Baik skala nasional maupun internasional.
Sebagai informasi, mereka yang memperoleh prestasi akademik terbaik adalah Yusuf Mahesa, Amd dari Prodi Diploma III Teknik Mesin, IPK 3,7 (Dengan Pujian); lalu Fatah Kurniawan SPd dari Prodi S1 Pendidikan Fisika, IPK 3,91 (Dengan Pujian).
Selanjutnya Atricia Martya Juarlinda MPd, Prodi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, IPK 3,91 (Dengan Pujian); dan juga Dr. Adolina Velomena Lefaan, Prodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, IPK 3,88 (Dengan Pujian). (was).