Expo & Expose ICT SMK Jatim 2021

1
400

Kab.Malang, IP- Dalam rangka peringatan hari jadi ke-76 Jawa Timur. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, membuka Expo & Expose ICT SMK Jatim 2021, di SMK Ne­geri 1 Singosari, Sabtu (23/10/2021).
Dalam kesempatan itu Khofifah menyanjung kehebatan pelajar SMK, yang membuat banyak inovasi. Meski di tengah pandemi COVID-19.
“Kita semua bisa menyaksikan mereka sudah bisa melakukan sangat banyak inovasi, dari apa yang mereka dapatkan pembelajaran di kelas, dan pasti itu adalah dari proses pencarian yang luar biasa, karena 1,5 tahun kemarin boleh dikatakan mereka lebih banyak belajar secara virtual.
Hasilnya kita bisa melihat sangat keren. Ini dulunya kita lihat di beberapa negara, dan mereka sudah menginisiasi program-program yang bisa menjadikan kemudahan akses, dan itu sekarang di Jawa Timur sudah diinisiasi oleh anak-anak SMK,” Ucapnya.
Lebih lanjut perempuan hebat di Jatim itu menambahkan sangat mendukung penuh kreativitas dari para pelar untuk membuat terobosan terbaru yang bermanfaat untuk Indonesia nantinya. hasil karya anak-anak SMK ini tinggal dikoneksikan dengan dudika, dunia usaha atau pun dunia industri.
“Kalau mereka terkoneksi dengan dunia industri, maka kemungkinan bisa mendapatkan kesempatan, bisa diproduksi massal. Kalau sudah begitu, insyaallah lebih banyak lagi yang memanfaatkan,” imbuhnya.
Dalam gelaran yang sama Bupati Malang, HM Sanusi, turut memberikan apresisai terhadap para pelajar SMK Dalam Expo dan Expose ICT SMK Jatim 2021 ini, Sanusi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang akan selalu menyambut baik seluruh inovasi serta kreativitas yang ditunjukkan oleh siswa-siswi SMK yang ada di Jawa Timur.
“Perkembangan dunia yang begitu cepat harus dikejar oleh seluruh masyarakat terutama siswa-siswi SMK. Dalam menyongsong Era Society 5.0 menurut saya ada tiga kemampuan yang penting dimiliki seperti halnya kemampuan memecahkan masalah kompleks, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan untuk menciptakan kreativitas atau inovasi. Penguasaan ketiga kemampuan inilah yang saat ini menjadi tanggung jawab sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan. Anak-anak yang saat ini duduk di bangku sekolah adalah aset berharga yang harus terus diajarkan akan cara berpikir yang analitis, kritis dan kreatif,” kata Sanusi.
Lalu Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi menambahkan, ada 62 SMK di Jawa Timur yang mengikuti Expo & Expose ICT SMK Jawa Timur 2021.
“Kita ada seleksi, sekarang ada 62 SMK yang terpilih. Sasaran kegiatan ini, pertama pengenalan kepada siswa SMP dan madrasah tentang pembelajaran di SMK. Selain masyarakat luas,” terang Wahid.
Expo & Expose ICT SMK Jawa Timur digelar mulai tanggal 23-24 Oktober 2021. Sebelum pembukaan oleh Gubernur Khofifah, juga dilakukan penandatangan MoU Dinas Pendidikan Jawa Timur dengan perguruan tinggi serta dunia usaha.
Setelah membuka pameran Expo dan Expose ICT SMK Jatim 2021 secara resmi, Gubernur Jawa Timur didampingi Bupati Malang dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah melakukan peninjauan berbagai stand pameran yang akan berlangsung selama 2 hari. (Mis)