Sejarah Kelam Tragedi Sepak Bola Dunia

0
94
Ilustrasi sepakbola. (Foto: Pexels.com)

Sepak bola menjadi salah satu olahraga paling diminati di dunia. Tidak sedikit para penggemar yang secara langsung menyaksikan tim kesayangannya di tribune stadion. Hal ini membuat sepak bola menjadi olahraga yang sangat meriah saat pertandingan sedang berlangsung.

Baca Juga: 

Dukacita Insiden Stadion Kanjuruhan, Siswa-siswi Tulis Doa

MAN 1 Malang Peringati Maulid Nabi dan Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Namun, sepak bola juga tak luput dari tragedi memilukan. Hal tersebut menelan banyak korban jiwa, dari puluhan hingga ratusan orang. Terdapat beberapa peristiwa tragedi besar sepak bola di dunia, berikut tragedi-tragedi di berbagai belahan dunia yang Inspirasi Pendidikan rangkum dari berbagai sumber:

1. Tragedi Kathmandu, Nepal (12 Maret 1988)

Pertama adalah tragedi Kathmandu Stadium di Nepal yang terjadi pada 12 Maret 1988. Tragedi ini terjadi Ketika badai es mengguyur pertandingan Janakpur Cigarette Factory dan Liberation Army of Bangladesh di stadion Dasharath, Nepal. Kondisi stadion yang terbuka membuat penonton yang hadir terkena badai es panik dan berhamburan untuk menyelamatkan diri mereka.

Namun, polisi yang berjaga malah memukul mundur ke arah pintu keluar yang tertutup. Hal tersebut yang menyebabkan para penonton terjepit dan tewas terkena guyuran es.

Dilansir dari Idntimes, kejadian itu membuat 93 orang meninggal dunia dan lebih dari 100 mengalami luka-luka. Akibat terjadinya tragedi tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan presiden asosiasi sepak bola Nepal (ANFA) mundur dari jabatannya.

2. Tragedi Doroteo atau Mateo Flores, Guetemala (17 Oktober 1996)

Kedua adalah tragedi di Doroteo atau Mateo Flores, Guatemala pada 17 Oktober 1996. Mengutip dari AP Archive, kejadian ini berawal saat Guatemala melawan Kosta Rika dikala memperebutkan tempat di Piala Dunia.

Bagan Tragedi Sepakbola Dunia. (Sumber: Redaksi Inspirasi Pendidikan).

Penonton yang tidak mendapat tiket memaksa masuk dengan cara menerobos paksa Lorong masuk stadion. Hal tersebut membuat penonton saling dorong ketika menerobos pintu masuk. Akibatnya 83 orang meninggal dunia karena terinjak-injak.

3. Tragedi Hillsborough Stadium, Inggris (15 April 1989)

Ketiga ada tragedi Hillsborough Stadium, Inggris yang terjadi pada 15 April 1989. Tragedi ini terjadi pada saat laga semifinal Piala FA yang mempertemukan Nottingham Forest dan Liverpool. Kejadian bermula Ketika pendukung Liverpool yang telah masuk ke dalam stadion.

Menjelang dimulainya pertandingan, para pendukung Liverpool masuk berdesakan menuju tribune yang telah dipenuhi oleh pendukung Nottingham Forest. Atas kejadian tersebut, banyak pendukung yang sesak nafas bahkan terinjak-injak hingga meregang nyawa. Dikutip dari Suara.com, peristiwa tersebut menelan korban sebanyak 96 korban jiwa Baca “tiga tragedi lainnya” di Tabloid Inspirasi Pendidikan