Tanamkan Karakter, SDN 1 Dilem Kepanjen Gunakan Lagu Toto Kromo

0
262
Siswa dalam kegiatan rutin Sabtu Budaya di SDN Dilem 1 Kepanjen Kabupaten Malang. (Foto: Ist/IP).

Kab Malang, IP – Dalam upaya penanaman karakter, SDN Dilem 1 Kepanjen mempunyai cara yang terbilang unik. Pasalnya, pihak sekolah menanamkan karakter kepada siswa melalui Lagu Toto Kromo.

Baca Juga:

SMKN 4 Malang Bentuk Karakter Kepemimpinan Melalui LDKS

Kunjungi Kampung Wayang, SDK Santa Maria 3 Kenalkan Karakter Pewayangan

Terus Upgrade Diri di Tengah Perkembangan Zaman dan Pendidikan

“Kegiatan penanaman karakter melalui Lagu Toto Kromo dilaksanakan setiap kegiatan Sabtu Budaya, dimana anak-anak memakai baju adat, sehingga sesuai dengan momennya,” ucap Muhammad Sakroni S.Pd.I, Guru PAI SD Negeri 1 Dilem Kepanjen.

Ia mengatakan, penanaman karakter juga dilaksanakan ketika pelajaran Agama dan Budi Pekerti. Sedangkan untuk pelafalan Bahasa Jawa, bakal diteruskan saat pelajaran Bahasa Daerah.

Lagu Toto Kromo sendiri merupakan lagu Jawa yang mengandung berbagai pesan moral. Liriknya mengajarkan para siswa untuk menghormati sesama. Khususnya kepada mereka yang lebih tua, agar siswa memiliki unggah-ungguh dalam bertingkah laku.

“Seperti yang kita ketahui bersama, terkadang ada anak yang tata lakunya tidak sesuai dengan tingkat umurnya, mengikuti pola perilaku orang dewasa, sehingga mereka kehilangan jati diri sebagai anak-anak yang lucu, yang sopan dan bagus tingkah lakunya,” jelas Sakroni.

Menurut Sakroni, jika kondisi ini dibiarkan dan tidak diarahkan, anak-anak akan merasa bahwa hal itu benar dan baik-baik saja. Padahal, ada tingkatan atau bahkan tingkah laku bagaimana etika ketika mereka harus berhadapan dengan orang lain Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan