Kab Malang, IP – Pembelajaran literasi terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan metode pengajaran. Salah satu pendekatan inovatif yang semakin populer adalah penggunaan media mockup, sebuah pendekatan visual yang membantu siswa memahami materi dengan lebih menarik dan interaktif.
Baca Juga :
Guru MI Raden Bagus Talok-Turen Terapkan Pembelajaran Digital Interaktif
Dalam dunia pendidikan, literasi tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga pemahaman kritis terhadap berbagai jenis teks, baik cetak maupun digital. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk mencari cara yang efektif dalam menyampaikan materi agar siswa lebih tertarik dan mampu memahami informasi dengan lebih baik.
Menurut Vera Fitriya Puspita Guru SDN 1 Pandanlandung, penggunaan media mockup dalam pembelajaran literasi memiliki beberapa keunggulan utama. Termasuk meningkatkan daya tarik visual, sehingga siswa lebih fokus dalam memahami materi yang diajarkan.
“Mockup dapat berupa tampilan buku, majalah, poster, atau bahkan antarmuka aplikasi yang dibuat secara digital atau pun secara manual untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif,” tuturnya.
Penggunaan Mockup juga mempermudah pemahaman konsep abstrak. Dalam pelajaran literasi, terutama yang berkaitan dengan struktur teks, unsur kebahasaan, dan analisis isi, sering kali siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang tidak dapat langsung mereka lihat. Dengan mockup, konsep-konsep ini dapat divisualisasikan secara lebih konkret.
“Pembelajaran seperti ini mendorong kreativitas siswa, penggunaan mockup memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga sebagai pencipta.” tambah Vera.. Baca konten versi cetak di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 140