Peserta Didik TK Tunas Kelapa Gesit Tampilkan Tari Topi di KSEC 2022

0
239
Tampilan Tari Topi di KSEC 2022 oleh peserta didik TK Tunas Kelapa. (Foto: Ist/IP).

Malang, IP – Selain bazar dan berbagai tampilan kesenian dari warga sekitar, gelaran Kelapa Sawit Expo Center (KSEP) 2022 juga turut dimeriahkan oleh penampilan peserta didik TK Tunas Kelapa Kelurahan Pisang Candi, Sukun, Kota Malang.

Meski harus tampil pada malam hari, tampak lima peserta didik TK Tunas Kelapa gesit membawakan Tari Topi. Dengan sigap pula, mereka memperlihatkan gerakan-gerakan yang sesuai dengan alunan musik dari Tari Topi.

Baca Juga: 

KB-TK Model Kota Malang, Bentuk Fondasi Dasar Kepribadian Anak

Momentum Hari Batik Nasional, Misi Kuatkan Kemampuan Siswa

Bupati Malang Siap Perjuangkan Bantuan bagi PAUD dan TK

Kepala Sekolah TK Tunas Kelapa Dhini Uswatun Chasanah mengaku sangat senang dan bangga bisa turut serta dalam pagelaran KSEC 2022 di RW 3, Kelurahan Pisang Candi, Sukun, Kota Malang.

Dalam proses persiapan, ia mengatakan bahwa siswa-siswi TK Tunas Kelapa semangat mengikuti latihan usai jam pembelajaran bersama para guru.

“Gerak dan tari yang diikuti anak menjadi salah satu program ekstrakurikuler yang dapat menstimulasi beberapa aspek perkembangan anak,” imbuh wanita yang akrab dipanggil Uus ini.

Terlebih menurutnya, untuk Tari Topi yang pihaknya tampilkan dalam KSEC 2022 memiliki enam aspek perkembangan. Seperti agama dan moral, berupa kebiasaan mengucapkan salam dan berperilaku sopan santun.

Kedua sosial emosional, berupa kemandirian, percaya diri, kerjasama dan kekompakan. Ketiga aspek kognitif, berkaitan dengan berhitung dan menghafal pola serta urutan gerakan.

Lalu aspek bahasa, yakni menyelaraskan gerakan dengan lirik musik. Kelima adalah seni, berupa seni musik dan gerak tari yang membantu perkembangan anak dengan metode yang lebih mudah.

“Keenam fisik motorik, perpaduan gerak melatih perkembangan fisik anak,” jelasnya saat kepada Inspirasi Pendidikan.

Uus lantas mengatakan, keikutsertaan dalam KSEC menjadi wadah untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik. Selain itu, siswa juga dapat berinteraksi secara sosial dengan warga sekitar.

Guna mempertahankan keterampilan tersebut, pihaknya bakal berupaya untuk terus mengarahkan dan memperkenalkan kepada anak beberapa kesenian Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan