Kehidupan Sosial dan Smartphone

0
116

Kab Malang,IP –  kehidupan sosial adalah kehidupan yang di dalamnya terdapat unsur-unsur social/kemasyarakatan. Sebuah kehidupan disebut sebagai kehidupan sosial jika di sana ada interaksi antara individu satu dengan individu lain-nya, dengannya terjadi komunikasi yang kemudian berkembang menjadi saling membutuhkan kepada sesama.

Dalam hal yang terjadi, kehidupan sosial sangat erat kaitannya dengan bagaimana bentuk kehidupan itu berjalan. Dalam hal ini peran remaja memanglah sangat penting, apalagi remaja merupakan kelompok yang penuh potensi. Betapa sejarah telah mencatat bahwa Negara ini telah disusun diatas jerih payah para remaja tempo dulu, Pengembangan generasi penerus diarahkan untuk mempersiapkan kader-kader bangsa penerus perjuangan dengan memberikan bekal ketrampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti yang luhur.

Sehingga perlu diciptakan kondisi yang sehat agar potensi para generasi muda dapat berkembang secara maksimal dan mereka dapat melakukan peran mereka secara bertanggung jawab. Pentingnya peran remaja dalam pembangunan bangsa, sehingga remaja dituntut untuk mampu berperan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial mereka selalu berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain di sekitar mereka.

Dalam upaya menciptakan kondisi tersebut peran penting pada keluarga menjadi nomor satu,pasalnya keluarga adalah orang yang sangat dekat dengan mereka. Apalagi dengan berbagai macam pengaruh baik internal maupun eksternal, sehingga terkadang peran remaja menjadi tidak terlihat karena adanya pengaruh negative. Dalam kehidupan sosial ada banyak point yg bisa kita peroleh seperti :

Kerjasama Adalah usaha bersama antara individu dengan individu lainnya, antar individu dengan kelompok atau kelompok de-ngan kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama timbul saat seseorang menyadari bahwa mereka punya kepentingan bersama. Kerja sama menuntut adanya pembagian kerja dan keadilan, sehingga rencana kerja sama dapat tercapai dengan baik untuk men-capai tujuan bersama.

Akomodasi adalah Suatu proses dalam hubungan-hubungan sosial yang mengarah kepada adaptasi sehingga antar individu atau kelompok terjadi hubungan saling menyesuaikan untuk mengatasi ketegangan-ketegangan. Akomodasi mempunyai beberapa bentuk, antara lain

Koersi bentuk akomodasi yang prosesnya melalui paksaan fisik maupun psikologis.

 Kompromi bentuk akomodasi yang terjadi karena pihak yang bersengketa saling mengurangi tuntutannya agar tercapai kesepakatan

Arbitrasi akomodasi dengan meng-gunakan jasa pihak ketiga karena pihak yang bersengketa tidak mampu menyelesaikan persengketaan. Pihak ketiga ini ditunjuk oleh yang bersengketa atau pihak yang ber-wenang. Mediasi hampir mirip dengan arbitrasi, hanya saja pihak ketiganya netral dan tidak bisa memutuskan.

Asimilasi adalah upaya untuk me-ngurangi perbedaan antarindividu/ kelompok untuk menghasilkan suatu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan bersama. Asimilasi terjadi pada masyarakat yang berbeda kebu-dayaan sehingga terbentuk kebudayaan baru dalam waktu lama. Asimilasi terjadi setelah melalui tahap kerja sama dan akomodasi. Syarat-syarat asimilasi Terdapat sejumlah kelompok yang punya kebudayaan berbeda. Terjadi pergaulan antarindividu dan kelompok secara intensif dalam waktu yang lama.

Namun dengan adanya smartphone peran remaja saat ini terlihat menurun, kegiatan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar sedikit terganggu karena mereka lebih suka dengan dunia maya, mungkin karena berkembangnya teknologi dan tren lingkungan sehingga remaja saat ini beranggapan bahwa mereka harus mengikuti tren yang ada dan mereka lupa akan peran mereka sebagai kader bangsa(MIS)

Loading...