Nikah Dini Pemicu Putus Sekolah

0
805
Nikah Dini di usia sekolah
Nikah Dini di usia sekolah

BATU, IP – Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Batu, pada tahun ajaran 2018/2019, ada 105 pelajar yang putus sekolah. Yakni, ada 90 pelajar tingkat SMP dan 15 siswa SD.
Namun demikian, pada tahun ajaran 2019/2020 angka pelajar putus sekolah di Kota Batu mencapai 52 siswa SD/SMP. Dari 52 siswa SD-SMP itu terdiri dari 44 pelajar dari tingkat SMP, dan 8 pelajar dari tingkat SD. Salah satu faktor putusnya sekolah ini adalah pernikahan dini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih menjelaskan, ada beberapa faktor hingga anak ini putus sekolah di Kota Batu. Salah satunya karena menikah dini. “Faktor lebih memilih untuk bekerja, memilih untuk home schooling, sakit, atau melanjutkan di pondok tanpa pendidikan formal juga ada. Namun dominan memang karena nikah dini,” jelas Eny.
Dari data 2019/2020 penurunan angka putus sekolah mencapai 50 persen.

“Setiap tahunnya kami berupaya untuk menekan angka putus sekolah di Kota Batu. Jika sebelumnya faktor putus sekolah karena faktor ekonomi, tetapi sekarang itu tidak bisa menjadi alasan lagi. Sebab, beberapa langkah penanganan sudah dilakukan dan efektif. Menikah dini yang perlu mendapat perhatian,” sambung Eny.

Sementara itu, pihaknya tetap melakukan langkah persuasif untuk menekan angka putus sekolah. Salah satunya dengan turun langsung ke lapangan mendatangi orangtua murid.

“Selama ini cara kami beberapa bisa berhasil, pelajar ini mau sekolah lagi meskipun tidak bertahan lama. Sempat ada yang mogok lagi. Namun, perlu dilakukan pendampingan konseling kepada orangtua untuk mendukung pencegahan pernikahan dini,” tandas dia. (doi)