Video Guru Aini Rizqoh Raih Prestasi

0
189

Kab Malang, IP – Usia dini merupakan masa yang paling kritis untuk pembentukan karakter seseorang. Penanaman moral melalui pendidikan karakter sejak usia dini adalah kunci yang paling tepat untuk memba­ngun bangsa.

Inilah yang dijadikan inspirasi guru SDN 3 Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Aini Rizqoh, di video nya. Aini berhasil menembus 20 besar kategori video iklan masyarakat di lomba Parade Aksi Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA) Kemendikbud, beberapa waktu lalu.

“Jadi di video itu kita menanamkan karakter patuh terhadap nasihat orangtua, dan karakter untuk selalu menjaga kesehatan, terutama saat pandemi Covid-19 ini,” ujar Aini Rizqoh yang juga juara satu Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Malang Tahun 2018 ini.

Dalam video yang bisa diakses di kanal Youtube dengan nama akun Aini Rizqoh ini ditampilkan seorang anak yang ijin keluar rumah untuk membeli sesuatu. Sebelum keluar rumah, ibunya memberikan nasihat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sang anak pun mengikuti nasihat orangtuanya itu.

Dijelaskan, ada berbagai persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti lomba yang diadakan setahun sekali ini. Ibu yang sedang menempuh S3 Pendidikan Dasar ini mengaku sering mengikuti webinar Pendidikan Puspeka Kemendikbud yang bisa diikuti secara gratis. Selain itu, penguasaan teknologi juga harus diasah setiap hari.

“Jadi setiap ada webinar saya selalu mengikuti untuk mengambil ilmunya. Di webinar ini saya selalu aktif bertanya ke narasumber. Selain itu, penguasaan teknologi seperti menguasai berbagai aplikasi digital juga harus diasah,”jelas finalis guru berprestasi tingkat nasional tahun 2019 ini.

Selain mengikuti webinar, ibu ramah ini juga berkolaborasi dengan orangtua siswa dalam pembuatan video itu. Siswa beserta kedua orang tuanya dilibatkan sebagai pemeran dalam video itu.

“Dengan melibatkan mereka, maka profil pelajar Pancasila terbentuk seperti kemandirian, gotong royong dan lainnya ,”jelasnya.

Sebelumnya, berbagai prestasi pun pernah diraih Aini. Di antaranya sebagai juara I Anugerah Konstitusi Nasional tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung (MA). Dalam ajang itu, Aini Rizqoh berinovasi menciptakan komik pembelajaran untuk siswanya.

“Tokoh dalam komik itu adalah tokoh-tokoh dari Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (MK). Jadi saya ingin memperkenalkan tokoh, peran tugas serta pengamalan nilai-nilai Pancasila,” terangnya.

Aini juga berpesan guru diharapkan lebih berinovasi dalam metode pembelajarannya. Hal ini perlu dilakukan, lanjutnya, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif karena dapat memancing siswa untuk lebih aktif.

“Metode pembelajaran kini menuntut adanya daya tarik dari setiap guru dalam mengajar. Apalagi untuk materi-materi yang cenderung mempunyai tingkat kebosanan yang tinggi,” katanya.(dindik/ram)