Menciptakan Karakter Siswa BCT

0
148

Setiap sekolah mempunyai misi yang ingin dicapai untuk membentuk karakter siswa. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen misalnya, melalui pro­ses pembelajaran siswa dibentuk agar memiliki karakter yang berakhlak, cerdas, dan terampil (BCT).

Waka Bidang Humas SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Mochamad Arief Luqman Hakim menuturkan, landasan karakter yang harus dimiliki oleh setiap siswa adalah berakhlak. Karakter ini ditanamkan melalui pembiasaan sehari-hari. Misal, dalam pembiasaan 3S, yakni senyum, sapa dan salam. Lalu pembiasaan dalam hal ibadah, seperti sholat wajib.

“Ini bagian pembiasaan dari pena­naman akhlakul karimah. Kemudian dalam rangka itu juga perlu kita tegakkan norma-norma kedisiplinan. Itu penting sebagai dasar untuk membentuk karakter akhlakul karimah,” ungkap Luqman

Luqman melanjutkan, karakter yang ingin dibentuk oleh sekolah adalah karakter cerdas. Dengan demikian siswa diajarkan agar memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara mandiri dan percaya diri.

“Ketiga adalah karakter terampil. Karena ini adalah SMK, maka anak-anak juga kita latih, supaya mereka memiliki kompetensi keterampilan dan kompetensi sesuai dengan standar yang ditentukan oleh sekolah,” pungkas Luqman. (was)

Loading...