Berdayakan Difabel Melalui Pelatihan Keterampilan

0
97

Malang, IP – Percacita merupakan salah satu komunitas di Kota Malang yang fokus dalam pemberdayaan orang-orang difabel. Satrio Tegar Sadewo Sebagai Inisator Percacita yang di bentuk, pada Bulan Agustus tahun 2019 Silam.

Tujuan pemuda asli Malang tersebut membentuk Percacita, adalah ingin memberdayakan difabel melalui pemberian pelatihan keterampilan dengan cara memanfaatkan limbah kain ­perca. Hal tersebut lantas berjalan hingga sekarang dan dikelola oleh tiga orang pengurus, termasuk Satrio. Ditambah dengan tujuh orang volunter, yang membantu dalam pelaksanaan kegiatan.

Satrio menuturkan bahwa dalam masyarakat kebanyakan difabel masih belum mendapatkan hak yang sama atau setara dengan masyarakat normal. Misalnya dalam pelatihan, banyak pelatihan yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah atau pun instansi pendidikan yang tidak memberikan perhatian khusus pada orang-orang difabel.

Seperti pelatihan untuk tuna rungu, jarang sekali kegiatan yang menyediakan interpreter atau juru bicara bahasa isyarat. Akhirnya berdampak pada kurangnya pengetahuan dan timbulnya ketidaksetaraan, antara difabel dengan masyarakat normal.

“Sebenarnya masih banyak lagi kesenjangan yang tidak berpihak pada difabel. Seperti misalnya fasilitas umum, yang tidak aksesibilitas bagi difabel. Intinya tujuan kita memilih difabel karena mereka masih diabaikan dan tidak diperhatikan serta pemberdayaannya masih sangat minim” jelasnya
Satrio menambahkan, difabel di Indonesia termasuk kategori masyarakat miskin. Oleh karena itu perlu untuk mengangkat perekonomian para difabel. Dalam hal ini pihaknya mencoba memberdayakan difabel dengan cara memberikan pelatihan pembuatan suvenir dari kain perca. Kain perca diperoleh dari penjahit-penjahit yang ada di Kota Malang. Serta dipilih karena jika dibuang ke tanah begitu saja, maka kain bisa mencemari lingkungan.
“Maka dari itu kita ingin mengedukasi difabel agar mempunyai keterampilan. Disisi lain agar kita bisa peduli lingkungan serta berperan aktif melakukan upaya penyelamatan lingkungan” pungkasnya. (was)

Loading...