Pemuda diharapkan Bisa Lestarikan 23 Ragam Kesenian Kota Batu

0
10
BATU, IP – Selain terkenal akan wisatanya, Kota Batu ternyata juga memiliki berbagai macam ragam kesenian. Tercatat ada 23 macam kesenian yang hingga kini terus dilestarikan oleh masyarakat Kota Batu.
Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Winarto Ekram menyebutkan, ragam kesenian tersebut antara lain ada Sanduk, Bantengan, Jaran Kepang, dan lain sebagainya.
“Ada sekitar 514 grup kesenian yang terdaftar. Untuk Sanduk, di tiap desa mempunyai minimal satu grup dan maksimal empat grup pemain Sanduk,” tambahnya.
Winarto melanjutkan, kesenian Bantengan dan Jaran Kepang sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menjadi kesenian asli Kota Batu.
Bukan hanya itu, saat ini Disparta Kota Batu juga mendaftarkan kesenian lain, termasuk  Sanduk untuk mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat.
Ia percaya, kesenian merupakan sebuah ruang untuk menyegarkan dan merefresh badan bagi pegiat setelah seharian menjalankan aktivitas.
Sebab itu Winarto berharap, generasi muda saat ini bisa memanfaatkan kesenian dan kebudayaan. Tidak hanya sebagai menjadi hobi, kesenian juga bisa menjadi tambahan mata pencaharian.
“Semoga ada perhatian lebih terhadap kebudayaan termasuk benda-benda peninggalan serta kesenian,” pungkas Winarto.