Banyak Guru PNS Kota Malang Belum Naik Pangkat

0
43
Caption: Kegiatan Bimbingan Teknis Kompetensi PTK SD bertempat di AULA SMPN 2 Malang. (Foto: Wahyu Setiawan/IP).

Malang, IP – Mulai Selasa (16/11/2021) sampai Kamis (18/11/2021) lalu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kompetensi PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Mengingat Kota Malang masih dalam kondisi PPKM, kegiatan bagi satuan pendidikan jenjang TK, SD, hingga SMP tersebut terlaksana di tiga tempat berbeda.

Pertama di Aula Disdikbud Kota untuk jenjang TK, lalu di Aula SMP Negeri 2 Malang untuk jenjang SD, dan ketiga di Aula SMP Negeri 8 Malang untuk PTK jenjang SMP.

Salah satu Pemateri, A Jumain Spd Mpd menyampaikan, Bimtek merupakan bentuk upaya Disdikbud Kota Malang untuk melayani Guru PNS yang mengalami kendala pada karier kepangkatan.

“Mereka terbentur karya tulis, dalam Permenpan RB Nomor 16 tahun 2009 memang ketentuannya golongan III-B ke atas harus menyertakan karya tulis,” tegasnya, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Dikbud Ingin Manfaatkan Museum Jadi Tempat Belajar Menyenangkan

Dia menyatakan, setelah pemetaan ternyata banyak guru yang belum naik pangkat hingga belasan tahun. Salah satu penyebabnya adalah masalah karya tulis.

Selain membuat karya tulis, guru juga mengalami kendala lain. Seperti keterbatasan mengikuti Diklat, dan penempatan pengisian komponen DUPAK (Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit) dalam aplikasi.

Pria yang juga menjabat sebagai Tim Penilai Angka Kredit Kota Malang ini menambahkan, peserta mendapat berbagai materi.

Antara lain tentang kepangkatan karier guru yang disampaikan oleh Kepala BKN, materi tentang disiplin pegawai dari Kepala BKDSDM Kota Malang, serta materi penghitungan angka kredit oleh Tim Penilai Angka Kredit.

Baca berita selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan