Taman Bunga Merjosari Menambah Ruang Terbuka Hijau Kota Malang

0
Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau pembangunan Taman Bunga Merjosari. (Foto: Ist/IP).

Malang, IP – Sutiaji, Wali Kota Malang beserta jajaran meninjau kemajuan pembangunan Taman Bunga Merjosari, Selasa (28/12/2021) lalu.

Taman bunga yang saat ini dibangun pada areal eks Pasar Dinoyo seluas 1,2 hektar tersebut, diproyeksikan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik baru di Kota Malang.

“Tentu ini bagian dari upaya Pemkot Malang secara bertahap menjawab pekerjaan rumah dalam menambah luas RTH publik,” ungkap Sutiaji.

Taman Bunga Merjosari berada di Jalan Mertojoyo Selatan. Tepatnya berseberangan dengan Taman Merjosari yang telah lebih dulu dibangun melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) pada 2011 silam.

Baca Juga: Jembatan Pelor Lebih Kokoh dan Ramah bagi Pejalan Kaki

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wahyu Setianto mengaku, secara umum seluruh elemen telah memasuki tahap penyelesaian akhir. Bahkan progres sampai Minggu lalu sudah mencapai sekitar 95%.

“Konsep penataan Taman Bunga Merjosari menggunakan pendekatan taman bunga dengan pola geometri tradisional. Area hijau (softscape) menjadi elemen utama taman dengan proporsi sebesar 67% dari luas total area,” imbuh Wahyu.

Beberapa jenis tanaman hias dan pohon peneduh juga telah ditata rapi. Misalnya, pohon andong merah, puring, kol banda, bungur, tabebuya, kenari, flamboyan, dan ekor tupai.

Selain area bunga yang Instagramable, pengunjung nantinya juga dapat memanfaatkan area plaza, taman burung, air mancur dan sculpture yang bentuknya terinspirasi dari bentuk mahkota bunga.

Baca Juga: Simak Cara Berikut Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Ia menambahkan, Taman Bunga Merjosari juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung operasional. Mulai dari kantor pengelola dan pusat informasi, toilet, lampu taman, bangku taman, tempat sampah, dan area parkir.

“Juga pedestrian ramah lansia yang dilengkapi rail pegangan dan material perkerasan yang tidak licin,” sambungnya.

Dalam giat tersebut juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Erik Setyo Santoso, ST., MT dan Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Diah Ayu Kusumadewi, MT. (was) Baca berita terlengkap di Tabloid Inspirasi Pendidikan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News