Jembatan Pelor Lebih Kokoh dan Ramah bagi Pejalan Kaki

0
333
Potret Jembatan Pelor usai direnovasi. (Foto: Wahyu Setiawan/IP).

Malang, IP – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah rampung melakukan perbaikan Jembatan Pelor. Kini jembatan lebih kokoh dan ramah bagi pejalan kaki.

Perbaikan jembatan tersebut, terlaksana melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) pada tahun anggaran 2021.

Jembatan pelor sendiri merupakan jalur penghubung alternatif antara Oro-Oro Dowo dengan Samaan. Jembatan makin kokoh karena memakai struktur baja.

Selain itu, tampak tersedia ruang yang berada di sebelah kanan dan kiri jembatan bagi para pejalan kaki.

Baca Juga: Merespons Kebutuhan Pendidikan Masyarakat, Pemkot Resmi Bangun SMP Baru

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi mengatakan, salah satu pertimbangan dilakukan perbaikan jembatan memang aspirasi agar pejalan kaki yang melintas lebih nyaman.

“Dulu tidak ramah pejalan kaki, kalau jalan lewat situ pasti kesenggol-senggol. Jadi kami tambah satu meter jalur pejalan kaki di kanan kiri jembatan,” ujar Diah.

Jembatan dengan panjang 148 meter tersebut juga telah dilebarkan. Lebar awalnya hanya 1,9 meter yang kemudian ditambah menjadi 4,7 meter.

Sedangkan terkait operasional jembatan bagi masyarakat umum, ia menuturkan bahwa pihaknya masih melakukan perbaikan pada titik yang sempat mengalami kerusakan.

Baca Juga: Pemkot Batu Beri Penghargaan Untuk 12 Pelaku Usaha Pariwisata Berstandar CHSE

Itu akibat adanya pengendara motor yang menabrak jembatan, saat uji coba pembukaan akses beberapa waktu lalu.

“Jadi sebenarnya sudah sempat dibuka, tapi ada yang rusak tertabrak. Jadi masih kami benahi lagi. Kita upayakan secepatnya agar bisa dimanfaatkan masyarakat,” imbuh Diah.

Dirinya melanjutkan, demi kenyamanan pengguna, nantinya yang boleh melintas hanya kendaraan roda dua. Maka dari itu meskipun jembatan semakin lebar, ketentuan kendaraan yang boleh melintas tetap dibatasi. (was). Baca berita terlengkap di Tabloid Inspirasi Pendidikan