Kab Malang, IP – Literasi menjadi keterampilan yang sangat penting bagi anak-anak, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD/MI). Namun, masih banyak anak yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Para ahli pendidikan mengingatkan bahwa perhatian khusus perlu diberikan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak.
Pentingnya literasi tidak hanya terletak pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga dalam memahami informasi dan berpikir kritis. Oleh karena itu, orang tua dan guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran literasi, seperti menyediakan buku yang menarik dan mengadakan kegiatan membaca bersama.
Baca Juga :
Inovasi Literasi: Relawan RBA Wujudkan Otomasi Layanan Ruang Baca
SD Aisyiyah Kamila Kota Malang Borong 18 Penghargaan di ASCI ke-8 di Cilacap
Prestasi Gemilang di Kompetisi Nasional, Tsultsi Maulina Buktikan Pentingnya Literasi dan Numerasi
Dengan meningkatkan literasi sejak dini, anak-anak akan lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. Pemerintah dan lembaga pendidikan juga diharapkan dapat mengimplementasikan program-program yang fokus pada pengembangan literasi untuk anak-anak usia sekolah dasar.
Maula Fithrotin Nada guru di MI Thoriqul Huda mengutarakan pentingnya tindakan nyata dan perhatian yang lebih besar terhadap literasi untuk anak-anak sekolah dasar. Mengingat ini merupakan langkah penting untuk memastikan masa depan mereka yang lebih cerah dan penuh peluang. Terlebih lagi pada usia kelas I-III sangat perlu perhatian lebih yang akan menjadi pondasi mereka.
“Anak-anak saat ini lebih asyik bermain dengan gadget-nya ketika di rumah, jadi di sekolah kurang fokus dalam pembelajaran. Ini salah satu dampak dari kemajuan teknologi yang bisa menurunkan kemampuan literasi mereka,” ungkapnya..Baca konten selengkapnya versi cetak di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 135