ITN Malang Resmikan Wisata Edukasi PLTS

0
160
Penandatanganan Prasasti Wisata Edukasi PLTS bersama Pemprov Jatim.

Kab Malang, IP – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang telah membuka wisata edukasi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan baru saja diresmikan pada Minggu (20/08/2022).

Peresmian wisata edukasi yang terletak di Kampus 2 ITN Malang, Jalan Raya Karanglo KM 2 Kabupaten Malang ini, dilakukan bersama Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

PLTS dengan kapasitas hingga 0,5 MWp/ 500 KWp tersebut juga akan segera menggandeng dinas-dinas terkait. Seperti misalnya Dinas Pariwisata.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor ITN Malang Prof Dr Eng Ir Abraham Lomi MSSE dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim, Nurkholis mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Peresmian wisata edukasi juga turut dibarengi dengan pameran teknologi dan workshop PLTS ITN Malang.

Baca Juga: Lulusan ITN Malang Bikin Aplikasi Bahasa Isyarat

Dalam peresmian ini, Nurkholis berharap ITN Malang dapat terus mengembangkan berbagai inovasi terbarukan dan menjadi kampus Pionir dengan fokus manfaat Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Semoga ITN Malang bisa menjadi pionir untuk kampus yang peduli terhadap EBT, ” paparnya.

Mendatang, destinasi wisata edukasi PLTS ITN Malang tak hanya solar cell, tetapi juga akan ditambah edukasi pikohidro serta teknologi-teknologi lainnya.

“Pikohidro saat ini sudah digunakan secara luas namun belum dikomersialkan” ungkap Prof Lomi.

Prof Lomi juga menambahkan, ITN Malang akan terus berupaya untuk terbarukan energi primer dan mengurangi penggunaan energi fosil. (ola)