Jaga Kelestarian Sumber Air, Pencinta Lingkungan Galakkan Sabers Pungli

0
68
Kegiatan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) di Kali Tulus, Kelurahan Temas. (Foto: Diskominfo Batu).

Batu, IP – Komitmen menjaga kelestarian sumber air terus digalakkan oleh komunitas pencinta lingkungan. Hal ini tampak dalam kegiatan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) di Kelurahan Temas, Minggu (9/10/2022).

Baca Juga: 

Seputar Kaliku, Kelompok Aktivis Lingkungan Hidup dan Pelestarian Budaya

Sarana Edukasi Lingkungan, Kaliku Punya Turbin Pembangkit Listrik

Kegiatan yang berlangsung di dalam kawasan Kali Tulus, Keluruhan Temas ini diikuti oleh puluhan warga temas dan komunitas pegiat lingkungan yang ada di Kota Batu.

Mereka ikut berpartisipasi untuk membersihkan berbagai jenis sampah yang ada di sepanjang aliran Kali Tulus. Mulai dari rumput, daun, plastik, semak belukar dan sebagainya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, ia berharap upaya masyarakat dalam menjaga lingkungan ini dapat terlaksana secara berkelanjutan.

“Jadikan sungai ini (Kali Tulus, red) sebagai kebanggaan warga Temas dan masyarakat Kota Batu. Ketika sungai bersih, tertata, maka lingkungan akan nyaman,” tutur Dewanti dikutip dari Diskominfo Kota Batu.

Lurah Temas Adi Santoso menambahkan, tujuan pembersihan Kali Tulus adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan sumber air. Termasuk juga untuk dibuat sungai tematik sebagai pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Kami menyiapkan tim yang akan mempersiapkan sungai ini menjadi sungai tematik, ada gambaran untuk biopori dan budidaya ikan,” katanya

Adi juga menambahkan, jika area Kali Tulus nantinya akan dijadikan sebagai lokasi atraksi seni budaya dan kearifan lokal Kelurahan Temas sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Baca konten lainnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan