SMPN 1 Kasembon Gelar Workshop pembuatan Bahan Pembelajaran

0
303

Guna mendukung Kegiatan Belajar dari Rumah (BDR), SMP  Negeri 1 Kasembon mengadakan Workshop Pembuatan Bahan Pembelajaran Interaktif dan Pemanfaatan Akun Pembelajaran. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Selasa dan Rabu (16-17/02).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dra. Titik Wahyuni menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan agar seluruh pendidik memahami dan menerapkan berbagai aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Akun Pembelajaran.

“Saya berharap teman-teman pendidik terbiasa dengan akun pembelajaran dan aplikasi yang sudah terintegrasi didalamnya. Termasuk sekolah-sekolah lain juga, agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak menjadi kendala,”ujarnya.

Dikatakan, banyak pendidik menemui kendala dalam pembelajaran online selama PJJ. Pertama, banyak orang tua dan guru terbebani kuota internet. Kedua, terbatasnya penyimpanan cloud selama pembelajaran.

“Akun pembelajaran bisa diakses secara gratis oleh guru, siswa, dan tenaga kependidikan yang sudah terdaftar di Dapodik. Akun ini terintegrasi dengan G suite for education,” ungkapnya dihadapan 32 peserta.

Sementara Pemateri kegiatan, Arif Mustofa menjelaskan layanan G suite for education adalah layanan pembelajaran milik Google. Layanan yang bisa diakses meliputi google meet premium, google clasaroom premium, unlimited google drive, dan pos elektronik.

“Jadi guru bisa menerangkan materi di papan tulis online melalui layanan tersebut. Tidak hanya itu, guru juga bisa merekam pembelajaran dan menyimpan tugas siswa berapapun banyaknya secara gratis dan tak terbatas. Jadi diharapkan kendala selama PJJ tidak terjadi lagi,”katanya.

Sebagai informasi, akun pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang terdaftar di Dapodik untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik yang terintegrasi dengan G suite for education milik Google. Mereka bisa memanfaatkan aplikasi ini secara gratis dan tak terbatas untuk pembelajaran online. (*)