UMM Terbaik di Dunia *UIN Maliki Peringkat 9

0
305

20 Universitas Islam Terbaik Dunia versi uniRank

1. Universitas ­Muhammadiyah Malang
2. Iran University of ­Science and Technology
3. Cairo University
4. Universitas ­Muhammadiyah ­Yogyakarta
5. Umm al-Qura ­University
6. Shahid Beheshti ­University of Medical Sciences
7. Universiti Islam ­Antarabangsa Malaysia
8. Universitas ­Muhammadiyah ­Surakarta
9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
10. Universitas Islam Indonesia
11. University of the ­Punjab
12. Universitas Islam ­Negeri Sunan Ampel ­Surabaya
13. Taibah University
14. Al-Imam ­Muhammad Ibn Saud Islamic ­University
15. Isfahan University of Technology
16. University of Isfahan
17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
18. The Islamic University of Gaza
19. Suleyman Demirel Universitesi
20. Aligarh Muslim ­University.

Malang, IP-Prestasi yang membanggakan bagi Indonesia, dan Malang Raya pada khususnya. Sebab, dua kampus dari Malang masuk peringkat terbaik dunia. Keduanya adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinobatkan menjadi universitas Islam terbaik nomor 1 di dunia. Sedang Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang di peringkat 9.

Peringkat ini dirilis UniRank, belum lama ini. Sebuah direktori perangkingan perguruan tinggi internasional lewat 4icu.org. Seperti diketahui, uniRank, merilis daftar kampus Islam terbaik tahun 2021. Dari 408 kampus di seluruh dunia, Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM) berada di urutan pertama. UMM mengungguli Iran University of Science and Technology di urutan kedua dan Cairo University di ururan ketiga.

Selain itu, ada enam universitas Islam asal Indonesia lainnya, yang menempati 20 urutan terbaik dari ratusan kampus Islam di dunia. Di antaranya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di posisi keempat, Universitas Muhammadiyah Surakarta di peringkat delapan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang peringkat kesembilan, dan Universitas Islam Indonesia (UII) di posisi kesepuluh.

Selain itu, ada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menduduki posisi ke-12 dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta di posisi ke-17.
Dalam pemeringkatan kampus terbaik, uniRank menggunakan berbagai kriteria, antara lain, pertama, mendapat akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk Kementerian Pendidikan di suatu negara. Kedua, menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral), dan ketiga memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka.

“Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga ulasan non-akademik dari universitas Islam terbaik dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, tidak dipengaruhi siapapun dan sumber web independen dari data yang dikirim oleh universitas itu sendiri,” tulis uniRank.

Setiap tahunnya, uniRank menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.800 universitas dan perguruan tinggi yang diakui secara resmi di 200 negara. Peringkat didasarkan pada algoritma yang mencakup 5 metrik web independen dari 4 sumber web berbeda: Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

Menanggapi UMM jadi yang terbaik di dunia, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengungkapkan kegembiraannya. Prestasi ini sangat membanggakan. Pihaknya memberi apresiasi tinggi kepada PTM, Majelis Diktilitbang, PWM serta semua komponen persyarikatan yang berkhidmat, komitmen, kesungguhan dan berusaha yang tiada henti.
“Alhamdulillah sungguh menggembirakan menerima pengumuman ‘The 2021 uniRank: University Ranking of the Top Islamic Universities in the World’. Dari urutan sepuluh besar berhasil UMM menempati nomor satu atau teratas, disusul nomor empat UMY dan UMS pada urutan kedelapan,” ungkapnya melalui akun Twitter resmi @HaedarNs, dikutip Kamis (18/2).

Menurutnya, ini adalah bukti jika Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul. Menebar kebaikan bagi umat, bangsa dan dunia. Spirit tidak banyak bicara, tetapi banyak bekerja. Ternyata mampu menunjukkan prestasi. “Semuanya telah berbuat dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif serta memberi manfaat strategis dan kemanfaatan besar bagi kemajuan persyarikatan, umat, bangsa dan kemanusiaan global,” katanya, Kamis (18/2).

Muhammadiyah selalu berkontribusi yang konstruktif bagi kehidupan umat manusia. Kapan dan di mana pun. Muhammadiyah sering hadir tidak gegap gempita. “Tetapi selalu terpanggil berbuat nyata yang memberi maslahat bagi kehidupan bersama,” katanya.
Selama masa pandemi Covid-19 dan bencana alam, Muhammadiyah hadir dan membantu penanganan. Semua kader, pengurus bergerak meringankan warga yang terkena musibah.(Kpc/MP/berbagai sumber)