Gedung Mulai Bocor dan Rapuh, Galeri Kreatif Butuh Sanggar Serbaguna

0
280
Foto : Ilustrasi Gedung

Sejak berdirinya, Galeri Kreatif telah menciptakan berbagai program atau kegiatan untuk membentuk kemampuan para peserta.
Kegiatan tersebut antara lain adalah Taman Baca Masyarakat (TBM), Sanggar Komunitas, hingga Pengembangan minat dan bakat.
“Untuk pengembangan minat dan bakat dilakukan pada beberapa bidang, seperti menari, melukis atau kaligrafi, pidato, kerajinan tangan dan pendidikan karakter.
Serta pendampingan anak buruh migran, yatim, dan piatu,” beber Zaki
Pria berusia 29 tahun ini melanjutkan, kegiatan-kegiatan tersebut dapat menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan. Harapannya peserta yang mayoritas adalah anak dari pekerja migran dan yatim tersebut, bisa memiliki karakter yang kuat sehingga tidak mudah terbawa arus negatif.
“Selain itu kami selalu berharap anak-anak bisa memperoleh buku bacaan gratis lewat salah satu progam kami yakni Taman Baca Masyarakat, dan nantinya bisa membentuk peningkatan pendidikan. Selain taman baca yang bisa diakses secara gratis 24 jam, sekolah-sekolah juga bisa memanfaatkan program pinjam buku 100 eksemplar,” paparnya
Zaki mengaku, pendampingan pendidikan anak-anak Galeri Kreatif mulai menemukan “Goal-nya”.
Hal ini karena sudah banyak anak dari Kampung Cerdas Ceria Galeri Kreatif yang sudah berhasil diantarkan untuk meraih prestasi dan menggapai cita-cita.
“Untuk sekolah lanjutan seperti kuliah, mereka yang sudah kita antarkan sampai perguruan tinggi, akhirnya juga memiliki kepedulian tinggi untuk membawa adik-adik yang lain menuju universitas,” tambah Zaki
Saat ini tantangan yang dihadapi menurutnya adalah pada cara membuka kewirausahaan untuk anak-anak dan remaja yang ada di Galeri Kreatif. Harapannya agar mereka bisa hidup lebih mandiri lagi. Pihaknya juga menginginkan gedung yang layak untuk perpustakaan dan sanggar serba guna.
Mengingat bangunan yang ditempati saat ini sudah bocor dan sudah mulai runtuh.
“Kami juga berharap adanya perhatian pemerintah terhadap kegiatan kami.
Misalnya pembangunan gedung serba guna dijadikan pusat kegiatan pendampingan karakter dan pengembangan minat bakat di Galeri Kreatif, karena jumlah anak-anak dan masyarakat yang merasakan dampak dari kegiatan Galeri Kreatif ini begitu banyak,” pungkasnya
Dengan demikian, maka menurutnya keberadaan Galeri Kreatif bisa merangkul dan lebih banyak memberi manfaat bagi masyarakat.
Satu sisi karena program yang terus dijalankan, sisi lain karena adanya fasilitas berupa tempat penunjang kegiatan yang lebih memadai. (was)