Menggali Potensi Diri Melalui Pendidikan Guru Penggerak Oleh : Ninik Sri Utami, S.Pd, M.Pd

0
97
Ninik Sri Utami, S.pd, M.pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 2
Smp Negeri 2 Sumberpucung 
Kabupaten Malang

Assalamualaikum…
Program Guru Penggerak merupakan program episode kelima dari Merdeka Belajar,. Dengan program ini diharapkan dapat menghasilkan pemimpin pembelajaran masa depan, atau Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
Untuk mengikuti program ini para guru dari mulai tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK.
Sebelum dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan calon guru penggerak, maka guru harus melewati 2 tahap. Pada tahap 1, guru harus melengkapi administrasi dan file bisa diunduh di SIMPKB masing-masing, selain melengkapi administrasi, pada tahap 1 ini juga harus mengisi beberapa pertanyaan dan menjawab dengan diberi petunjuk berapa minimal karakter yang harus dituliskan. Oleh karena itu bagi bapak / ibu guru yang berminat sebaiknya menjawab dengan sebenar-benarnya atau sesuai dengan kondisi yang bapak / ibu alami di sekolah.

Setelah tahap 1 lulus, maka bapak / ibu akan diseleksi pada tahap 2 yaitu wawancara dan praktik mengajar, pada tahap 2 ini dilakukan secara virtual, baik wawancara mapupun praktik mengajar. Untuk wawancara bapak/ibu akan diberikan beberapa pertanyaan oleh dua orang asesor. Sedangkan untuk praktik mengajar dalam waktu yang berbeda juga akan dinilai oleh dua orang penilai. Untuk pendaftaran khususnya bapak/ibu guru di wilayah Kabupaten Malang pada angkatan 5, dan sekarang masih penyeleksian angkatan 4, oleh karena itu bapak/ibu guru masih ada waktu yang cukup untuk bersiap-siap mengikutinya.
Pengalaman saya dalam mengikuti seleksi calon guru penggerak, melengkapi administrasi dipersiapkan terlebih dahulu, dan saat mengisi semua pertanyaan diharapkan bapak/ibu lebih baik memilih waktu yang benar-benar longgar, sehingga dalam menjawab pertanyaan tidak terkesan terburu-buru.
Saat wawancara dengan dua asesor, saya menjawab semua pertanyaan dengan apa adanya, pada saat ini sebaiknya gunakan semaksimal mungkin untuk “unjuk diri”, dalam hal ini kebetulan saya sering melakukan penelitian tindakan kelas dan membuat beberapa buku yang ber-ISBN, sekecil apapun karya bapak/ibu bisa ditunjukkan agar bisa memberikan nilai lebih. Pada saat praktik mengajar bapak/ibu diberi waktu 10-15 menit tampilan dan pertanyaan kurang lebih 30 menit, untuk topik materi yang harus disampaikan sudah ditentukan, kebetulan saya memilih materi “Pesawat Sederhana” mulai dari RPP dan lembar penilaian harus dipersiapkan dengan baik.
Setelah mengikuti seleksi tahap 1 dan tahap 2, menunggu beberapa minggu dan Alhamdulillah saya lulus menjadi calon guru penggerak angkatan 2. Pendidikan calon guru penggerak angkatan 2 dimulai bulan April 2021. Sampai saat ini angkatan 2 sudah menyelesaikan modul 1 dan Alhamdulillah nilai te akhir saya meningkat dari tes awal.
Saya sangat bersyukur mengikuti pendidikan calon guru penggerak ini, meskipun lamanya 9 bulan, namun ilmu yang saya peroleh sangat luar biasa. Bapak/ibu guru yang belum tergabung dalam kehiatan ini, saya ajak untuk mengikuti pada angkatan 5 nanti khususnya Kabupaten Malang.
Modul 1 yang saya peroleh terdiri dari 4 materi : 1. Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara; 2. Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak; 3. Visi Guru Penggerak; 4. Budaya Positif. Dari keemat materi yang diberikan menurut saya sangat banyak sekali manfaat bagi para guru, ada banyak kegiatan nyata yang akan diaplikasikan di sekolah masing-masing. Alur kegiatan di pendidikan calon guru penggerak ini diberi nama MERRDEKA, yang terdiri dari: Mulai dari diri (M), Eksplorasi Konsep (E), Ruang Kolaborasi (R), Refleksi Terbimbing (R), Demonstrasi Kontekstual (D), Elabrasi Pemahaman (E). Koneksi Antar Materi (K), dan Aksi Nyata (A). Di setiap materi harus mengikuti alur kegiatan tersebut. Secara jelasnya akan saya sampaikan dan ceritakan pada edisi berikutnya……. Salam guru penggerak.
Wassalamualaikum