HSN Jadi Momentum Santri untuk Tumbuh dan Berkarya

1
45
Dokumentasi peringatan Hari Santri Nasional di Kantor Perwakilan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang. (Foto: Ist/IP).

Malang, IP – Tahun 2021 ini,  Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada Jumat (22/10/2021). Dalam rangka memperingati HSN 2021, Wali Kota Malang, Sutiaji hadir dalam gelaran apel di Kantor PCNU Kota Malang.

Sutiaji yang juga ditunjuk sebagai inspektur apel HSN menyampaikan, santri harus menjadi sosok yang inovatif, mandiri dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern.

Walaupun demikian, santri juga diharapkan untuk tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam yang menjadi karakter utama dari seorang santri.

Sutiaji melanjutkan, HSN dapat menjadi momentum santri untuk bertumbuh, berdaya, dan berkarya. Sebab itu diharapkan, setiap pondok pesantren juga harus memiliki kemampuan.Dokumentasi peringatan Hari Santri Nasional di Kantor Perwakilan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang. (Foto: Ist/IP).

Baca Juga: Ponpes Salafiyah Putri Al Ishlahiyah Wajibkan Santri Paham Ilmu Qawa’id

“Tumbuh, berdaya dan berkarya. Jadi, Pemerintah Kota Malang Insya Allah akan support terus,” ujar Sutiaji, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, penguatan UMKM juga dapat diimbangi dengan pemanfaatan teknologi. Seperti halnya memaksimalkan E-Commerce yang mulai tumbuh pesat.

“Interaksi digital itu oke, tapi  harus diimbangi dengan kitab-kitab tersebut, sehingga itu menjadi kekuatan kita,” tutur Sutiaji.

“Kita tidak boleh menerima budaya baru begitu saja, tanpa diimbangi nilai-nilai yang sudah dipegang, ini tradisi santri,” sambungnya.

Selengkapnya baca di Tabloid Inspirasi Pendidikan