SDK Santa Maria 1 Suguhkan Cerita Inspiratif untuk Pembentukan Karakter

0
887
Hasil kreatif siswa menuliskan pesan moral cerita inspiratif. (Foto: Vranola/IP).

Malang, IP – Tak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran daring selama pandemi memunculkan permasalahan baru, salah satunya penurunan karakter pada siswa.

Sebab itu pada Kamis (17/3/2022), SDK Santa Maria 1 Malang mengadakan kegiatan pembentukan karakter kepada siswa kelas VI A, VI B dan peserta ekstrakurikuler jurnalistik melalui cerita inspiratif.

Kegiatan yang dilakukan di awal pembelajaran tatap muka ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk memperkuat karakter siswa.

Dengan membentuk kembali karakter spiritual, jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, kepedulian, gotong royong dan kesopanan pada diri siswa.

Pembentukan karakter ini diawali dengan membaca kisah inspiratif singkat. Siswa diminta untuk menyimpulkan nilai moral dalam peristiwa yang dialami oleh tokoh.

Tidak hanya menyimpulkan tetapi juga menuliskan nilai moral pada lembar kertas dan memasangnya di Mading kelas. Tujuannya sebagai pengingat para siswa dalam bertingkah laku dan motivasi belajar mereka.

Kepala sekolah SDK Santa Maria, Antonius Riyadi menyampaikan, melalui cerita inspiratif akan dapat menggugah perasaan dan memberi kesan mendalam untuk siswa.

Ia juga menjelaskan, para siswa yang percaya diri akan siap menghadapi tantangan dalam mencapai cita-cita di masa depan.

Sikap spiritual dan sosial yang tertanam sejak dini akan membentuk karakter siswa kedepannya.

“Selain mendapatkan hiburan positif, siswa dapat terpacu memberikan ide segar untuk melaksanakan aktifitas yang baik dengan penumbuhan karakter dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Paskalia Dwi Wijayanti, salah satu guru kelas SDK Santa Maria 1 Malang.

Paskalia menilai, para siswa antusias menyambut kegiatan ini. Ia berharap kegiatan membaca cerita inspiratif ini tak hanya menjadi sebuah motivasi namun juga untuk meningkatkan literasi mereka. (ola)

Pewarta: Vranola Ekanis Putri