Aksi Nyata Edupreneur, SMKN 1 Wonorejo Jalankan Juragan-Juragan S1WON

0
Peran CGP bergerak tergerak dan menggerakkan Para Siswa untuk berperan pada event Bazaar Implementasi Program Edupreneur Juragan -Juragan S1WON. (Foto: Ist/IP).

Oleh: Ana Zuyyinah (CGP4.PASURUAN SMKN 1 WONOREJO)

Pasuruan, IP – SMK Negeri 1 Wonorejo berlokasi di Kecamatan Wonorejo, Pasuruan. SMK Negeri ini terletak di dalam Pondok Pesantren AL Yasini Kluwut Wonorejo. SMKN 1 Wonorejo juga berada dekat dengan Pondok Sidogiri yang merupakan Pondok Salafiyah Modern.

Pondok Al Yasini menggerakkan santri-santrinya mempunyai jiwa entrepreneurship. Baik bidang perdagangan maupun Koperasi, Kurikulum Merdeka Belajar yang terimplementasi pada semester ini di tahun pembelajaran 2022/2023.

Sekolah ini juga berupaya turut serta dalam gerakan yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Yakni “Berdayakan Ekonomi Santri yang dinamakan One Pesantren One Product (OPOP).

Menjadi sangat penting untuk menciptakan output dalam memilih menjadi wirausaha yang menjadikan usaha utama atau sampingan. Guna meningkatkan Kecakapan Kerja Bidang Kewirausahaan, sekolah membuat program peningkatan kompetensi entrepreneur.

Program tersebut bernama “Juragan-Juragan S1WON (Smkn 1 WONorejo)” dengan memanfaatkan beberapa aset, termasuk aset manusia. Dalam hal ini, SMKN 1 Wonorejo mengimplementasikan program entrepreneur yang bertujuan untuk meningkatkan Kecakapan Kerja Bidang Kewirausahaan siswa.

Selain itu, juga untuk melatih softskill siswa yang berprofil Pancasila. Seperti sopan santun, komunikasi, ketahanan, kemampuan beradaptasi serta gotong royong, keselamatan kerja, kemandirian, bernalar kritis dan lain sebagainya.

Dokumentasi Video: Event Bazar Penerimaan Raport, Senin (27/6/2022)

Melalui program Juragan-Juragan S1WON siswa siap menciptakan lapangan usaha atau memasuki dunia kerja yang sebenarnya, serta mewujudkan peluang usaha, minat, kompetensi entrepreneur yang berdampak pada Murid SMKN 1 Wonorejo.

Untuk tolak ukur keberhasilan program adalah meningkatnya kompetensi wirausaha serta softskill siswa. Terbukti dengan adanya peningkatan para alumni yang jadi pengusaha. Tak hanya itu, banyak diantara alumni yang diterima di perusahaan atau melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Program ini dirancang dan dilaksanakan dengan melibatkan murid, diajak berdialog dalam memilih produk yang akan mereka ditampilkan pada event-event. Misalnya dalam event Aksi Nyata Grand Opening Food Court (Kantin) SMKN 1 WONOREJO (S1WON) yang merupakan terwujudnya salah satu dari program entrepreneur Juragan-Juragan S1WON.

Hasil dari program ini, diharapkan siswa memiliki jiwa entrepreneur dan implementasi pembelajaran riil edupreneur. Kemudian juga bisa mengembangkan hasil edupreneur di kehidupan nyata mereka.

Dari sini, ilmu kewirausahaan dapat melahirkan profit usaha untuk bisa dimanfaatkan pada keperluan hidup. Terutama bisa menolong memenuhi kebutuhan finansial orang tuanya, selain itu siswa memiliki budaya positif kemandirian serta tangguh dalam berinteraksi sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News