MTs Ma’arif NU Kota Malang Dapat Pengetahuan Bullying dari Dosen UWG

0
60
Pengabdian Dosen UWG dalam menyebar pengetahuan terkait tindakan bullying bagi siswa MTs Ma'arif NU Kota Malang. (Foto: Humas UWG).

Malang, IP – Dalam rangka melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, MTs Ma’arif NU Kota Malang mendapat kunjungan dari Tim Dosen Fakultas Hukum Universitas Widyagama (FH UWG) Malang. Kedatangan Tim Dosen FH UWG adalah untuk memberikan pengetahuan hukum tentang bullying (perundungan) yang sekarang sedang marak terjadi di Indonesia.

Khususnya pada satuan pendidikan di Kota Malang. Atas kunjungan ini, pihak MTs Ma’arif NU Kota Malang turut mengapresiasi. Baik para guru, siswa, dan juga Kepala Madrasah. Pihak MTs sangat berterima kasih kepada dosen dari FH UWG Malang.

Sebab para dosen FH UWG telah memberikan pengetahuan kepada anak didik di MTs Ma’arif NU Kota Malang. Terlebih, anak didik seusia mereka belum mengetahui jika perundungan atau bullying ini ada hukumnya dan dapat ditindak pidana.

Baca Juga :

Mahasiswa IAI Al-Qolam Malang Kolaborasi Gelar Webinar Stop Bullying

Melalui Media Pandawa Lima, SMP 2 YPK Jatim Kampanyekan Stop Bullying

Gandeng Desa Inggris Singosari, MTs Nurul Huda Ngajum Siapkan Siswa Go Internasional

Anak-anak di jenjang SMP paling rawan terjadi kasus bullying. Hal ini karena ketidaktahuan mereka dalam bergaul dengan teman-temannya. Terlebih mereka masih tergolong anak-anak yang masih perlu perhatian ekstra dalam pergaulannya.

Sebab di jaman milenial dan perkembangan teknologi, peran orang tua dan guru di sekolah dalam memberikan bimbingan dalam pergaulan dengan baik menjadi penting. Mengutip laman resmi UWG, jika tidak diberikan perhatian khusus dan bimbingan secara intens akan berbahaya.

Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi liar dan seakan menganggap apa yang dilakukan selalu benar. Oleh karenanya, nilai-nilai budaya saling menghormati dan menghargai sesama dengan yang lain harus menjadi perhatian yang terus berkelanjutan.

Tim Pengabdian Dosen UWG berharap sosialisasi tentang bullying semakin masif dilakukan di sekolah-sekolah, karena dampak negatif dari bullying sangat besar. Terutama bagi generasi muda yang diharapkan mampu menjadi pemimĀ­pin di masa depan.