Memaksimalkan Pembelajaran Kontekstual dengan Kelas Magang

0
Pelaksanaan program Kelas Magang di BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Jawa Timur oleh peserta didik SDN Sisir 3 Kota Batu. (Foto: Ist/IP)

Batu, IP – Berbagai kekurangan yang ada di SDN Sisir 3 diubah menjadi sebuah kelebihan oleh pihak sekolah. Mereka membentuk program Kelas Magang yang diperuntukkan bagi seluruh siswa. Bahkan tahun ini, program Kelas Magang SDN Sisir 3 dipakai sebagai salah satu inovasi pembelajaran dari Kota Batu.

Baca Juga: 

Bekali Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Fitrah

Devi Puspita, Guru SMPN 02 Batu Bagi Cerita Pelajar Anti Hoax

Tak Cukup Punya Pengetahuan, Siswa SMA Mesti Punya Keterampilan

Menurut Kepala SDN Sisir 3 Dra Suprapti MPd, program kelas magang bisa hadir karena beberapa latar belakang. Seperti letak sekolah yang kurang strategis dan luasnya yang terbatas, sehingga tidak memungkinkan untuk membuat kegiatan belajar yang kontekstual.

“Letak sekolah berada di tengah perkampungan padat penduduk di Kelurahan Sisir, luas sekolah hanya 996 m², serta sebagian besar wali murid adalah kaum urban yang kerja di Kota Batu dan berasal dari berbagai daerah,” ucapnya.

Selain itu, ia mengaku ada kesulitan untuk mendatangkan alat peraga ke sekolah. Sebab Suprapti menilai bahwa SDN Sisir 3 termasuk sekolah golongan menengah ke bawah.

Kelemahan lain juga terdapat pada tenaga pendidik, saat itu pihaknya melihat guru masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Artinya pembelajaran hanya bersifat teacher center dan tidak berfokus pada kebutuhan setiap siswa.

Dari berbagai latar belakang tersebutlah kemudian SDN Sisir 3 membentuk program Kelas Magang pada tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari program ini agar siswa dapat belajar langsung secara kontekstual, baik belajar ke tempat belajar di luar sekolah atau belajar ke narasumber eksternal yang ahli di bidangnya.

“Jadi kita banyak sekali MoU dengan lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta, baik yang ada di sekitar dan terutama yang ada di Kota Batu,” tegas Suprapti.

Melalui program Kelas Magang, para siswa diajak ke tempat-tempat yang dinilai bisa memberi sumber pengetahuan. Tentu sumber pengetahuan yang dimaksud harus sesuai dengan tema pembelajaran yang sedang siswa jalankan Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News