Sabet 9 Medali Olimpiade Sains, Ini Pembiasaan Ala MI NU Maudlu’ul Ulum

0
Foto bersama Achmad Taqiyuddin bersama siswa pemenang Olimpiade. (Foto: Vranola/IP)

Malang, IP – Di tahun 2023 ini, Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Maudlu’ul Ulum berhasil merebut 9 medali dalam event yang diadakan oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Antara lain 4 medali emas dan 5 medali perak.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Achmad Taqiyuddin Kepala Sekolah MI NU Maudlu’ul Ulum, Rabu (25/10/2023). Terhitung, madrasah ini sudah dua kali merebut gelar bergengsi yang diikuti oleh sekolah-sekolah di tingkat nasional.

“Terus terang saya juga kaget kemarin karena informasinya malam. Saya lihat cukup banyak yang memperoleh penghargaan,” kata Achmad.

Baca juga :

Borong Berbagai Piala Perlombaan Hanya Dalam Satu Bulan

IAI Al-Qolam Malang Sukses Gelar Al-Qolam Award, Peserta Lebih Banyak

Tak Hanya Akademik, Berprestasi Juga Bisa di Bidang Lain

Lebih lanjut, Achmad mengatakan, pihak sekolah selalu mencoba untuk mengikutkan siswanya agar turut berkompetisi di kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat belajar.

“Untuk event seperti itu saya meminta Kesiswaan, terutama Bidang Kurikulum aktif mengajak siswa berkompetisi,” terangnya.

Achmad melanjutkan, pihaknya tak pernah muluk-muluk mempersiapkan siswa untuk mengikuti olimpiade. Berbekal pengalaman sebelumnya, ia hanya mengajak para wali kelas dan guru pengampu mata pelajaran (mapel) untuk selalu membiasakan siswa-siswa mengerjakan soal-soal olimpiade.

“Untuk persiapan, kita tidak pernah memfokuskan untuk olimpiade. Hanya saja setiap proses pembelajaran kita meminta guru untuk memberikan dua sampai tiga soal olimpiade,” ungkapnya.

Dari pengalaman itu, ia menjelaskan, guru mapel akan membagikan soal-soal yang pernah muncul di olimpiade. Nantinya, mereka juga akan menjelaskan bagaimana penyelesaian soal-soal tersebut.

Dengan begitu, para siswa akan semakin terbiasa dalam menghadapi soal-soal sekelas olimpiade. Bukan fokus sebagai persiapan olimpiade, tetapi juga agar siswa menjadi terbiasa menghadapi soal-soal yang lebih rumit.  Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 110

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News